Sebagai Perlengkapan Olahraga, Matras Karate Dijual Berbagai Harga Dan Spesifikasi

Matras Karate - (Sumber: harmonykarpet.blogspot.co.id)Matras Karate - (Sumber: harmonykarpet.blogspot.co.id)

beladiri dinilai sebagai salah satu sekaligus sebagai bekal diri untuk pertahanan. Gerakan dari tersebut dinilai tegas dan bertenaga, sehingga bisa berguna untuk melindungi diri apabila Anda sedang dalam keadaan terdesak, terutama bagi kaum wanita.

Seperti yang dilakukan Women Self Defense of Kopo Ryu (WSDK) yang hadir dengan memberikan pelatihan beladiri untuk perempuan yang gerakannya sederhana dan mudah untuk dipraktikkan.

”WSDK mengajarkan teknik-teknik sederhana, terutama teknik keseharian seperti teknik menggaruk atau bercermin. Kami juga memberikan gambaran senjata yang dapat berasal dari perlengkapan sehari-hari, seperti lipstik, perhiasan, atau ponsel,” kata Firman, salah satu pengelola dan instruktur WSDK.

Terdapat beragam seni beladiri yang ada di seluruh dunia ini. Setiap memiliki seni beladiri yang khas, disertai dengan ciri dan teknik masing-masing. Beberapa di antaranya telah dikenal luas oleh , serta dipelajari sebagai bagian bagian dari olahraga ataupun bekal mempertahankan diri dari tindak-tindak kejahatan.

Sejumlah beladiri yang sudah populer dan lazim dikenal di antaranya Karate (Jepang), Tae Kwon Do (Korea Selatan), Pencak Silat (Indonesia), Wushu (China), Capoeira (Brasil), Jiujitsu, Muai Thay, dan banyak lainnya.

Sebelum memulai melakukan beladiri, ada beberapa perlengkapan yang biasanya digunakan pemain maupun pelatih, di antaranya sabuk, kick target, pelindung dada, target box ‘punching pad’, handprotector, hingga matras.

Di toko penyedia perlengkapan olahraga (beladiri), Anda pasti bisa menemukan beberapa tersebut, dan juga perlengkapan lainnya. Untuk matras, Anda bisa menemukan matras karate yang dengan berbagai . yang biasa antara lain Rp 140.000 hingga Rp 240.000.

Matras tersebut biasa digunakan untuk silat, taekwondo, karate, kempo, tarung derajat, dan lainnya. Spesifikasi matras itu yaitu terbuat dari busa eva/ati dengan kualitas density busa standar pertandingan. Ukuran yang biasanya tersedia yaitu 1×1 meter, dengan tebal 2cm, 2,5cm, dan 3 cm.

Biasanya di toko-toko penyedia perlengkapan olahraga, Anda juga bisa menemukan matras untuk judo atau gulat. Spesifikasinya antara lain terbuat dari busa rebounded dan dilapisi alas dari busa eva, memiliki ukuran 2×1 meter, dengan ketebalan 6cm.

Selain digunakan pada saat berlatih beladiri, matras juga merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada pada saat pertandingan olahraga besar, seperti SEA Games. Seperti pada saat SEA Games beberapa tahun belakang, pihak penyelenggara menyediakan matras beladiri dengan standar internasional. “Harga untuk ukutan 1000 mm X 1000 mm X 24 mm Rp 375 ribu”, ungkap Dasril Koordinator pertandingan karate Sea Games.

Dengan ketebalan sekitar 3,5 cm dan berstandar internasional membuat pertandingan akan berlangsung maksimal dan berfungsi menghindari cedera saat pertandingan “Matras diimpor dari Italia, dengan lisensi World Karate Federasi (WKT),” lanjut Dasril.

 

Loading...