Rupiah Selasa sore menguat menjadi Rp13.328

Jakarta – Nilai tukar yang diperdagangkan Selasa sore perlahan sebesar 27 poin menjadi Rp13.328 dibandingkan level sebelumnya di level Rp13.355 per .

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta menjelaskan bahwa beberapa di Asia, termasuk rupiah menguat terhadap dolar AS. Kekhawatiran mengenai cenderung mereda di pasar keuangan namun hanya bersifat sementara.

“Setiap perkembangan baru mengenai Yunani akan mendapatkan respon yang masif dari pasar keuangan,” katanya.

Ia mengemukakan bahwa 30 Juni ini merupakan batas akhir Yunani membayar utangnya ke lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) dan batas akhir perpanjangan dana bantuan. Yunani sudah menyatakan tidak akan membayar utang ke IMF hingga referendum pada 5 Juli mendatang.

“Penolakan Yunani membayar utang ke IMF itu bisa mendorong kembali kekhawatiran pasar,” katanya.

Pengamat Pasar Uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova menambahkan bahwa penguatan mata uang rupiah masih dibayangi oleh Juni yang sedianya akan dirilis pada awal Juli 2015 oleh Badan Pusat Statistik ().

bursaefek-IHSGlNilai tukar rupiah hingga penutupan sore ini melemah tipis ketimbang perdagangan sebelumnya. Berdasarkan data Selasa (30/6/2015), nilai tukar rupiah berada pada level Rp13.339 per USD  atau melemah tipis sebesar 0,2 poin ketimbang dengan nilai tukar pagi tadi. Sedangkan Yahoo Finance mencatat nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp13.332 per USD atau mengalami pelemahan sebesar 10 poin ketimbang dengan sebelumnya yang berada pada Rp13.322 per USD.  Berdasarkan data dari (BI) tampak nilai tukar rupiah berada pada Rp13.332 per USD atau mengalami pelemahan dari posisi sebelumnya yakni Rp13.356 per USD.

Loading...