Selasa Sore, Rupiah Positif Saat Negosiasi AS-China Buram

Rupiah - radarsukabumi.comRupiah - radarsukabumi.com

JAKARTA – mampu menjaga posisi di teritori hijau pada Selasa (12/11) sore, ketika naik, di tengah kebingungan atas kondisi terbaru perjanjian antara AS dan China. Menurut catatan Index pada pukul 15.49 WIB, mata uang Garuda menguat 13 poin atau 0,09% ke level Rp14.054 per AS.

Sementara itu, Bank Indonesia siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.059 per dolar AS, melemah 19 poin atau 0,13% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.040 per dolar AS. Bank sentral juga mematok kurs jual di level Rp14.129 per dolar AS, sedangkan kurs beli berada di posisi Rp13.989 per dolar AS.

Dari pasar , indeks dolar AS masih mampu bergerak lebih tinggi pada hari Selasa, ketika sedang mencari tajuk berita utama yang bisa mengarah pada kesepakatan perdagangan fase pertama antara AS dan China. Mata uang Paman Sam terpantau menguat tipis 0,021 poin atau 0,02% di level 98,221 pada pukul 12.13 WIB setelah kemarin sempat ditutup drop.

Diberitakan Reuters, greenback secara umum harus terdepresiasi pada awal pekan setelah Presiden AS, Donald Trump, menuturkan bahwa pembicaraan perdagangan dengan China bergerak ‘dengan sangat baik’, tetapi menggarisbawahi bahwa hanya akan membuat kesepakatan jika itu tepat untuk pihaknya. Trump juga menambahkan bahwa ada pelaporan yang salah tentang kesediaan AS untuk menaikkan tarif Negeri Panda.

“Berita utama perang dagang yang mixed telah membuat investor frustrasi dan bingung,” tutur analis pasar senior di OANDA Corp, Craig Erlam. “Investor telah berayun dari optimisme ke pesimisme setiap hari dan tidak pernah merasa lebih bijaksana. Kali ini giliran Trump yang menuangkan air dingin pada saran tidak hanya kesepakatan sebentar lagi, tetapi juga penghapusan tarif.”

Hampir senada, kepala investasi di BNY Mellon’s Lockwood Advisors, Matt Forester, mengatakan bahwa pasar saat ini sedang gelisah. Ia menuturkan bahwa investor akan membutuhkan lebih banyak konkret tentang struktur dan waktu segala jenis pengaturan perdagangan akhir, dengan tetap bergerak terhadap kepingan-kepingan .

Loading...