Kamis Sore, Rupiah Menguat Saat Dolar Mencari Arah

Rupiah - pekanbaru.tribunnews.comRupiah - pekanbaru.tribunnews.com

JAKARTA – Rupiah akhirnya mampu beranjak ke area hijau pada perdagangan Kamis (7/11) sore ketika masih sibuk mencari arah di tengah ketidakpastian pembicaraan awal antara AS dan China. Menurut paparan Index pada pukul 15.56 WIB, Garuda menguat 25 poin atau 0,18% ke level Rp13.998 per AS.

Sementara itu, siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.040 per dolar AS, terdepresiasi 48 poin atau 0,34% dari perdagangan sebelumnya di level Rp13.992 per dolar AS. Di saat yang hampir bersamaan, mayoritas mata uang Asia juga tidak berdaya melawan greenback, dengan pelemahan terdalam sebesar 0,33% dialami won Korea Selatan.

Dari pasar , greenback bergerak fluktuatif, dengan cenderung lebih rendah melawan yen Jepang, di tengah ketidakpastian apakah AS dan China akan menandatangani kesepakatan awal. Sempat menguat tipis di sesi pagi dan siang hari, mata uang Paman Sam melemah 0,046 poin atau 0,05% ke level 97,906 pada pukul 15.00 WIB.

Seperti diberitakan Reuters, dolar AS sempat jatuh pada hari Rabu (6/11) kemarin setelah seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan bahwa penandatanganan perjanjian dagang ‘fase satu’ mungkin dapat ditunda hingga Desember. Padahal, sebelumnya Trump sempat mengindikasikan bahwa perjanjian tersebut dapat ditandatangani pada bulan ini.

“Dolar AS tampaknya sedang mencari arah,” papar manajer umum departemen penelitian di Gaitame.com Research Institute di Tokyo, Takuya Kanda. “Katalis utama untuk dolar AS adalah ekspektasi bahwa kesepakatan perdagangan AS-China ditandatangani bulan ini. Jika itu ditunda satu bulan, itu bukan kekecewaan, tetapi kita perlu melihat apa yang dikatakan China.”

Seperti diketahui, pemerintah AS dan China telah memberlakukan pada barang-barang satu sama lain dalam perang dagang selama 16 bulan membuat gejolak di pasar keuangan, memperlambat investasi dan global. Investor berharap perjanjian perdagangan pendahuluan dapat mengurangi beberapa . Namun, negosiasi tersebut masih jauh dari kata pasti.

Loading...