Ringgit Merosot ke Level Terendah terhadap Dolar Amerika dalam 20 Tahun terakhir

Malaysian ringgit bank notes of different denominations are seen in this picture illustration taken in Kuala Lumpur August 20, 2013. Emerging Asian currencies extended losses on Thursday as capital continued to flow out of the region due to the prospect of a cut in stimulus by the U.S. Federal Reserve. The Malaysian ringgit slid to the lowest in more than three years. REUTERS/Bazuki Muhammad (MALAYSIA - Tags: BUSINESS)Ringgit Malaysia ke level terendah terhadap dolar Singapura dalam hampir dua dekade pada sesi penutupan pada hari Jumat (12/12). Merosotnya saham obligasi terjadi akibat kekhawatiran pada kemerosotan minyak yang diduga dampaknya akan memperberat kinerja pemerintah Malaysia untuk mengurangi defisit fiskal.

Pada hari Jumat (12/12) pukul 21.00 waktu Kuala Lumpur, 1 Dolar telah mencapai 2.67, dibandingkan dengan pada awal bulan, yaitu senilai 2.63. Nilai Ringgit saat ini hampir menyamai kondisi pada saat terjadinya krisis keuangan Asia pada tahun 1997 dan 1998. Ringgit telah merosot sebesar 6,8% sejak 10 Oktober 2014, yang kemudian menjadikan Ringgit sebagai dengan performa terburuk di Asia.

Kemerosotan Ringgit telah membuat penukaran uang di Singapura libur sementara karena kehabisan uang selama beberapa hari. Bahkan hingga kemarin (13/12), masih terlihat antrian panjang orang-orang yang ingin membeli mata uang Malaysia di beberapa money changer. Selain itu, turunnya nilai Ringgit selama beberapa minggu terakhir menjadi kabar baik bagi tenaga kerja asal Malaysia yang bekerja di Singapura dan pelancong asal Singapura yang secara rutin melakukan perjalanan atau wisata di malaysia.

Menurut survei Bloomberg yang bersumber dari 21 akuntannya, nilai tukar Ringgit yang lemah akan mendorong kemungkinan pada kenaikan harga impor barang dan jasa pajak Malaysia sebesar 6% pada bulan April . Hal ini juga akan diikuti oleh kenaikan harga barang-barang konsumsi rata-rata 4% dengan laju inflasi rata-rata 3,2% dalam 10 bulan pertama pada tahun .

Loading...