Ringgit ditutup Menguat terhadap Dolar

ringgit-malaysiaPelaku industri dan eksportir Malaysia harus mampu mengambil tindakan atas depresiasi Ringgit karena sebelumnya telah berhasil menyelamatkan Ringgit dari kemerosotan . ” Kami harus percaya pada fakta bahwa para pelaku industri dan eksportir di ini (Malaysia) memahami nilai tukar,” kata Datuk Dr Wong Lai Sum, CEO Malaysia External Trade Development Corp (Matrade).

“Tentu saja, mereka (pelaku pasar) kadang-kadang ingin membuat pasar menjadi ramai, tapi secara keseluruhan, mereka pasti tahu akibatnya. Saya pikir pengusaha Malaysia cukup cerdas dan tidak akan merugikan diri sendiri, “kata Wong kemarin (9/12). Wong mengatakan telah melihat perkembangan pada 10 bulan pertama tahun ini dan membandingkan nilai tukar dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (2013), kerugian rata-rata hanya 3,8% dari nilai rata-rata.

“Kami mencatat yang baik pada awal tahun. Nilai tukar pada awal tahun adalah sebesar 3.30 , sedangkan sekarang sebesar 3.49 atau 3.50 , belum banyak, “katanya Wong. Wong mengatakan dampak penurunan minyak lebih besar efeknya daripada nilai tukar pada perkembangan pasar dan kurs Ringgit yang melemah akan membuat daya saing ekspor menjadi lebih kompetitif.

Wong juga mengatakan bahwa perlambatan ekonomi global akan berdampak pada ekspor Malaysia di tahun depan (). “Saya berharap dampaknya tidak akan menimbulkan efek negatif yang mendalam. Matrade akan menggandeng perusahaan Malaysia untuk pameran dagang internasional, khususnya bisnis yang tidak terpengaruh laju inflasi dan pihak-pihak yang memiliki potensi besar untuk pasar ekspor,” Ujar Wong.

Pada pukul 05.00 waktu lokal malaysia, Kurs Ringgit tercatat berada di RM 3,4770/USD, meningkat dibandingkan kemarin yaitu pada posisi RM 3,4820 /USD.

Loading...