Rancangan Peraturan Gubernur Jatim Digodok, Tarif GrabCar di Surabaya Berubah?

Tarif GrabCar di Surabaya

Menteri Perhubungan Nomor 26 tahun 2017 yang menentukan batas atas dan bawah untuk sudah diputuskan, dan kabarnya bakal disusul oleh rancangan Gubernur Jawa Timur. Meski siap menerapkan aturan tersebut, namun memerlukan waktu untuk melakukan kajian sebelum memutuskan untuk menetapkan tarif baru di sejumlah kota besar di Jatim, salah satunya di Surabaya.

Seperti diketahui, pemberlakuan tarif atas dan tarif bawah taksi online diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, yang mulai berlaku tanggal 1 Juli. Tarif batas bawah untuk wilayah I ditetapkan sebesar Rp3.500 per km dan batas atas Rp6.000 per km. Sementara, tarif batas atas untuk wilayah II ditetapkan Rp6.500 per km, dan batas bawah Rp3.700 per km.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dikabarkan juga telah membuat rancangan peraturan gubernur baru untuk menanggapi ketentuan tersebut. Dalam rancangan aturan yang diklaim sudah ditandatangani oleh perwakilan online itu, ada beberapa hal yang dijelaskan, salah satunya tarif online minimal Rp3.450 per km, sedangkan untuk tarif maksimal diserahkan pada mekanisme pasar.

“Kami akan mengikuti peraturan itu secara bertahap karena kami butuh penyesuaian dan waktu demi memastikan mitra pengemudi tetap mendapatkan penghasilan terbaik dengan menggunakan platform kami,” ujar Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno, dilansir MetroTV. “Ketentuan ini harus berdampak baik ke mitra pengemudi dan penumpang.”

Dikutip dari Kumparan, tarif GrabCar saat ini adalah Rp4.000 per km, dengan batas pembayaran minimum yang diterapkan adalah Rp10.000 per km. Jika pengguna bepergian sejauh dua km misalnya, pengguna tidak membayar Rp8.000 (2 x Rp4.800), tetapi Rp10.000 sesuai dengan tarif minimum. Tarif layanan ini bisa berubah pada jam-jam sibuk, yang ditentukan berdasarkan jumlah persediaan dan permintaan di suatu lokasi.

Loading...