Punya Timbal Rendah, Harga Cat Catylac 5 Kg Mulai Rp100 Ribuan

Cat Catylac

Selain menonjolkan warna-warna berkualitas, saat ini cat di Indonesia juga mulai memproduksi cat dengan timbal rendah. Dan, salah satu cat yang diketahui memiliki timbal rendah adalah Catylac, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh BaliFokus di sebuah terakreditasi di Eropa pada tahun 2013 lalu.

“Ketika kami menganalisis sampel cat pada tahun 2013 lalu, hanya Dulux dan Catylac (ICI/Akzo Nobel) yang memproduksi cat dengan timbal rendah,” ujar Penasihat Senior dan Supervisor dari BaliFokus, Yuyun Ismawati. “Sementara itu, sebanyak 94 cat, atau 78 persen dari cat yang dianalisis, mengandung timbal lebih besar dari 600 ppm dan tidak memenuhi standar baru di Indonesia.”

Ditambahkan Yuyun, dari penelitian tersebut, juga ditemukan bahwa larutan timbal paling banyak adalah pada cat dengan warna terang, seperti kuning, oranye, merah, dan hijau. Berdasarkan studi WHO, timbal memang tidak memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Sebaliknya, keracunan akibat timbal diperkirakan sekitar 0,6 persen dari beban global.

“Bukti menunjukkan adanya penurunan kecerdasan yang disebabkan oleh paparan timbal pada masa kanak-kanak dan WHO pun memasukkan keterbelakangan mental akibat timbal sebagai penyakit yang diakui,” sambung Yuyun. “Beberapa produsen cat di Indonesia memang mulai menghapus timbal dari cat mereka. Namun demikian, terlalu banyak perusahaan yang mempertaruhkan masa depan -anak kita dengan menjual cat dengan kadar timbal tinggi.”

Nah, sebagai salah satu cat dengan kadar timbal rendah, Catylac kini telah hadir di berbagai di seluruh Indonesia dengan berbagai kemasan, salah satunya kemasan 5 kilogram. Di beberapa situs jual beli online, cat Catylac kemasan 5 kilogram saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp100 ribuan dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Loading...