Punya Mata dengan 2 Warna, Harga Kucing Odd Eye Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Kucing Odd Eye - www.idntimes.comKucing Odd Eye - www.idntimes.com

saat ini semakin beragam, tak hanya didominasi oleh ras seperti persia, anggora, munchkin, hingga peaknose saja, bahkan muncul juga jenis yang dinamai ‘odd eye’. Sesuai namanya, odd eye memiliki bola yang unik, yakni 2 pada bola matanya. Biasanya yang satu berwarna hijau, kuning, atau cokelat, dan bola lainnya berwarna kebiruan. kucing mata 2 warna ini juga cukup mahal, berkisar mulai dari Rp 300 ribuan untuk yang masih anakan (kitten), hingga mencapai lebih dari Rp 3,7 jutaan untuk jenis peaknose white solid odd eyes.

Kucing semacam ini ternyata belakangan cukup digemari karena keunikannya. Dulunya kucing banyak dikait-kaitkan dengan mitos atau hal-hal yang berbau mistis. Faktanya, perbedaan warna mata kucing odd eye ini ternyata disebabkan oleh adanya kelainan genetik pada mata akibat perbedaan lapisan melanin pada mata kucing.

Pada seekor kucing, proses pigmentasi mata umumnya berjalan bersamaan seiring berjalannya waktu lantaran kucing terlahir dalam kondisi buta. Tetapi pada kucing odd eye, salah satu bola matanya biasanya berhenti mengalami pigmentasi hingga memunculkan warna mata yang berbeda.

Kucing unik dan langka ini bahkan bisa ditawar dengan harga mencapai jutaan . Seperti yang dialami oleh Sidik, kucing odd eye asal Dusun Krajan, Bodang, Kecamatan Padang, Lumajang.

Sidik sebelumnya sempat memeriksakan kucing tersebut ke dokter untuk mengetahui kondisi matanya, namun ternyata kedua mata kucing tersebut berfungsi normal, demikian pula dengan perilakunya. “Kata dokter matanya normal, sejak itu beberapa kawan saya ada yang menawar kucing ini, sampai ada yang menawar hingga 2 juta rupiah,” akunya, seperti dilansir Jatimtimes.

Sidik sendiri mengaku mendapat kucing dengan sepasang mata yang warnanya berbeda ini secara tidak sengaja sekitar tahun 2017 lalu. Dalam keadaan baru lahir, kucing tersebut tiba-tiba menghampiri istrinya yang sedang ada di teras rumah. “Kami juga heran mas, tahu-tahu pas malam-malam kucing ini datang ke rumah, keadaannya saat itu masih kecil banget, bahkan jalannya masih sulit,” tutur Sidik. Karena kasihan, Sidik dan istri pun memelihara kucing itu sampai saat ini.

Loading...