Punya Banyak Penggemar, Es Pisang Coklat Jadi Alternatif Bisnis yang Menjanjikan

Es Pisang Coklat

Hampir setiap orang menyukai pisang. Selain manis, pisang juga memiliki sederet manfaat kesehatan. Bahkan beberapa orang mengonsumsi pisang sebagai diet harian mereka. Namun uniknya, pisang kini ternyata tak hanya dikonsumsi sebagai buah biasa, melainkan juga diolah sebagai es pisang coklat yang rasanya dan bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Es pisang cokelat atau yang kini lebih dengan nama frozen banana menggunakan yang cukup mudah didapat. Biasanya para pemilik usaha es pisang coklat menggunakan bahan dasar buah pisang ambon, pisang mas, pisang muli, atau sebagainya. Kemudian pisang tersebut dilumuri cokelat cair, diberi topping, kemudian didinginkan ke dalam freezer.

Frozen banana alias es pisang coklat ini sudah banyak dikembangkan di berbagai daerah menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Salah satunya seperti Hey Banana milik Brian Sumito asal Jakarta. Hey Banana mempunyai gerai yang tersebar di berbagai kota besar seperti Bandung, Makassar, Samarinda, Batam, hingga Tangerang.

Hey Banana menawarkan kemitraan dengan beberapa pilihan investasi, mulai dari Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 15 juta, hingga Rp 25 juta. “Seluruh akan mendapatkan kelengkapan peralatan, media promosi, dan bahan baku sebanyak 300-400 porsi. Khusus untuk Rp 10 juta dan Rp 15 juta disediakan portable booth. Sedangkan Rp 25 juta disediakan booth permanen,” kata Brian seperti dilansir Kontan.

Dengan menu antara Rp 12 ribuan hingga Rp 20 ribuan per porsi, rata-rata omzet per bulan dari bisnis es pisang coklat ini bisa mencapai sekitar Rp 22 juta hingga Rp 45 jutaan. “Target balik modal sekitar setengah tahun,” jelasnya.

Di sejumlah kota lain juga berkembang bisnis serupa dengan menu yang lebih variatif. Ada yang memadukan es pisang coklat dengan topping-topping menarik seperti cornflakes, coklat matcha, sprinkles warna-warni, kacang, meises, dan masih banyak lagi.