Punya Banyak Peminat, Harga Keripik Bayam 1 Kg Dibanderol Puluhan Ribu Rupiah

Harga Keripik Bayam 1 KgIlustrasi : Keripik Bayam yang siap dihidangkan - www.pertanianku.com

Bayam merupakan salah satu sehat yang bisa diolah menjadi beraneka masakan, termasuk digoreng menjadi keripik bayam. Dibandingkan diolah sebagai masakan berkuah, sebagian orang lebih dapat menikmati sayur ini ketika sudah diolah jadi kripik bayam. Tak heran bila kini bermunculan pedagang yang menjual keripik bayam kiloan atau per bungkus dengan yang variatif. Di beberapa jual-beli , harga keripik bayam 1 kg berkisar antara Rp40 ribuan hingga Rp70 ribuan sebungkus.

Selain rasa original, keripik bayam juga ada yang dibumbui dengan tabur pedas atau semacamnya. Dengan demikian, keripik bayam terasa lebih lezat dan cocok untuk dijadikan di segala kesempatan.

Sayur bayam dikenal kaya akan kandungan nutrisi, mineral, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, cara mengolah yang tidak tepat bisa membuat sayuran berdaun hijau ini menjadi berbahaya atau bahkan beracun untuk dikonsumsi.

Menurut ahli gizi dr Tan Shot Yen, sayur bayam mengandung banyak senyawa nitrat. Zat tersebut bisa berubah jadi nitrit dan nitrosamin apabila bayam dimasak, didiamkan, kemudian dipanaskan secara berulang. Ketika nitrat berubah jadi nitrit dan nitrosamin, kandungan senyawa yang terdapat dalam bayam pun akan berubah.

“Jadi masalah jika nitrat ini berubah jadi nitrit dan nitrosamin. Dan ada enzim dari bakteri dapat mengubah nitrat menjadi nitrit. Ini bisa terjadi apabila bayam diolah, dimasak, didiamkan lalu dipanaskan secara berulang,” ujar dr Tan, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut dr Tan menerangkan, nitrosamin dipercaya berfungsi sebagai karsinogen bagi orang-orang yang antioksidan di dalam tubuhnya tidak cukup. Nitrit bisa berbahaya apabila dikonsumsi oleh bayi yang usianya di bawah 6 bulan. Pasalnya, nitrit bisa menghalangi transportasi oksigen oleh Hb (hemoglobin). “Hb-nya berubah menjadi methemoglobin,” bebernya.

itu dapat mengakibatkan baby blue syndrome lantaran transportasi oksigen yang terganggu. Hemoglobin berfungsi sebagai transportasi oksigen dalam tubuh. “Dan ini bisa menjadi fatal,” ucap dr Tan.

Ia menyarankan agar sayur bayam lebih baik dimasak dalam jumlah cukup dan habis dalam sekali konsumsi. “Ambil bayam segar, secukupnya agar sekali masak bisa dihabiskan bersama,” katanya. Proses memasak bayam juga tak perlu terlalu lama. “Masukkan beberapa detik saja sampai agak layu tapi masih hijau segar, mirip kayak kita rebus kangkung buat pecel atau gado-gado. Matikan kompor,” tandasnya.

Loading...