Punya Banyak Khasiat, Harga Minyak Kelapa Murni di Pasaran Bervariasi

Harga Minyak Kelapa Murni

Indonesia termasuk negara penghasil kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO). Potensi ekonomi dari yang berasal dari kelapa ini pun cukup bersinar. Pasalnya banyak negara yang membutuhkan minyak kelapa murni Indonesia. Di Tanah Air sendiri minyak kelapa murni bisa dijual dengan yang bervariasi, tergantung ukuran dan kualitasnya.

Menurut Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan (BP3) Kementerian , Tjahya Widayanti, nilai ekspor minyak kelapa murni selama periode 2011-2015 rata-rata naik sekitar 0,7% per tahun. Sayangnya tahun 2015 lalu ekspor VCO turun 11,1% (YoY) menjadi USD 364,4 juta dibanding tahun 2014.

“Penurunan ekspor VCO dapat disebabkan oleh bahan baku kelapa yang semakin sulit. Hal tersebut didukung oleh produksi kelapa yang diestimasi juga turun sebesar 0,2 persen. Karena pohon banyak yang tua dan tidak produktif,” jelas Tjahya, seperti dilansir Inilah.

Menurut Tjahya, kelapa yang diolah menjadi VCO atau minyak kelapa murni ternyata mempunyai nilai jual yang sangat menjanjikan. Terutama karena permintaan dunia terhadap VCO juga tak pernah surut. “Dan, Tiongkok menjadi negara tujuan ekspor VCO terbesar Indonesia pada 2015 dengan pangsa 34 persen. Disusul Amerika Serikat (19,7%), dan Korea Selatan (14,4%),” beber Tjahya.

Dari segi khasiat atau , minyak kelapa murni disebut-sebut aman digunakan untuk memasak karena tak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Bahkan penggunaannya konon dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Selain itu, virgin coconut oil disebut-sebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga cocok dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalani program diet.

Minyak kelapa murni menjadi produk yang cukup mudah ditemui di , baik di supermarket, mini market, hingga di sejumlah apotik. Minyak kelapa murni biasanya dikemas dalam botol berbagai ukuran. Sebagai contoh harga extra virgin coconut oil organic kemasan isi 100 ml dijual seharga Rp 35 ribuan per botol. Kemudian ada pula merek Herbal Virgin Coconut Oil Ravico VCO 250 ml seharga Rp 80 ribuan. Harga per 1 liter minyak kelapa murni juga bisa mencapai Rp 189 ribuan yang diolah dengan teknik cold pressed organik.

Loading...