Proses Pengurusan Butuh Waktu Lama, Berapa Biaya Izin Lokasi?

Biaya Izin Lokasi - www.accountingweb.comBiaya Izin Lokasi - www.accountingweb.com

Perizinan dalam dulunya berjumlah 30 lebih. Hal itu pula yang sering menjadi hambatan bagi para developer atau pengembang untuk membangun cluster maupun subsidi yang layak bagi masyarakat . Namun beruntung izin pembangunan perumahan kini disederhanakan hanya menjadi 16 tahap saja.

Dirjen Penyediaan Rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menjelaskan bahwa dulu pengembang properti secara umum masih membutuhkan perijinan dan tahapan yang mencapai 33 ijin. Estimasi waktu untuk rampungnya semua proses yang panjang itu bisa mencapai 981 hari atau sekitar 2,5 tahun.

Kemudian diterbitkan Peraturan Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Peraturan Nomor 24 Tahun 2018 tentang Online Single Submission (OSS) yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sehingga proses perizinan menjadi semakin mudah dan cepat. “Saat ini para pengembang hanya cukup mengurus 11 izin dan estimasi pengurusan perizinan hanya 44 hari,” jelas Khalawi, seperti dilansir Validnews.

Adapun beberapa perizinan yang dihilangkan antara lain adalah pengesahan site plan dan master plan yang biasanya memakan waktu 7 hari, rekomendasi ketinggian muka tanah yang menghabiskan waktu 60 hari, analisa dampak lingkungan yang memakan waktu 30 hari, perizinan gali dan uruk yang memakan waktu 5 hari, hingga menghilangkan izin yang memakan waktu sekitar 60 hari.

Izin lokasi sendiri adalah izin yang diberikan kepada perusahaan untuk memperoleh tanah yang diperlukan dalam rangka penanaman modal yang berlaku pula sebagai izin pemindahan hak, dan untuk menggunakan tanah tersebut guna keperluan penanaman modalnya.

Pengurusan izin lokasi sebelumnya dikabarkan tidak dipungut biaya, alias gratis. Namun izin lokasi tersebut memiliki jangka waktu yang berbeda tergantung luas tanahnya. Izin lokasi untuk lahan seluas hingga 25 hektare masa berlakunya adalah 1 tahun, untuk luas lebih dari 25-50 ha jangka waktunya 2 tahun, dan izin lokasi seluas lebih dari 50 hektare jangka waktunya mencapai 3 tahun.

Loading...