Pernah Mendapat Cap Negatif, Apa Saja Fitur Asuransi BCA Smart Health Extra?

Kantor BCA - www.money.id

Beberapa tahun lalu (BCA) bekerjasama dengan PT Cigna (Cigna Indonesia) meluncurkan asuransi yang dinamakan BCA Smart Health Extra untuk para alias credit card BCA. Akan tetapi, pada perjalanannya banyak pengguna CC BCA yang merasa kurang nyaman dengan asuransi tersebut karena pihak Cigna biasanya langsung melakukan autodebet sejumlah uang dari . Alhasil tersebut sempat mendapat cap negatif dari sebagian besar masyarakat.

Produk asuransi BCA Smart Health Extra kala itu ditawarkan melalui telemarketing dan menawarkan sejumlah unggulan seperti premi yang bersaing dengan keuntungan berupa rumah sakit yang bisa 100% dikembalikan, atau hospital 100% refundable. Namun karena autodebet dari yang diusung, banyak nasabah merasa dirugikan dan mempertanyakan kebenaran asuransi tersebut.

Melalui akun Twitter-nya tahun 2010 lalu pihak BCA sudah mengonfirmasi jika produk BCA Smart Health Extra adalah produk kerjasama dengan Cigna. “Smart Health Extra merupakan produk asuransi kerjasama antara asuransi Cigna dengan CC BCA,” demikian bunyi jawaban admin akun Twitter resmi Halo BCA.

Hingga tahun 2016 masih banyak nasabah yang mengeluhkan produk asuransi ini melalui forum-forum ternama. Alasannya satu, cara berhenti keikutsertaan asuransi BCA Smart Health Extra dinilai berbelit-belit karena beberapa nasabah mengaku kesulitan saat menelepon pihak Call Center Cigna. Beberapa pengguna biasanya menyarankan nasabah untuk mengosongkan saldo rekening atau menutup rekening tabungan atau CC.

Meski banyak mendapat predikat negatif, beberapa nasabah justru menilai asuransi tersebut cukup bagus dan bermanfaat. “Saya juga pakai Cigna dan puas sama pelayanannya. Jadi yang katanya orang begini begitu, kan katanya. Cuma berbagi, kalau mau tetap batal gampang kok, tinggal telepon call center Cigna,” kata salah satu user bernama Julianto Akbar.

Masih belum diketahui apakah sampai saat ini BCA masih bekerjasama dengan Cigna atau tidak. Pasalnya kini BCA memiliki anak perusahaan khusus untuk menangani asuransi yang dinamakan BCA Life. Biaya premi asuransi kartu kredit menggunakan BCA Life berkisar mulai dari Rp 119 ribu per bulan dan mengcover biaya perawatan rumah sakit per hari hingga Rp 600 ribu.

Sementara itu, Cigna juga memiliki produk proteksi kesehatan terbaru pada bulan Juli 2017 lalu yang dinamakan Cigna Global Health Indonesia. Produk baru tersebut kabarnya menyasar segmen premium yang memberikan jaminan rawat jalan dan rawat inap, termasuk perawatan kanker, serta biaya akomodasi dan biaya lainnya hingga USD 5 juta per tahun.

Loading...