Perawatan Mesin Mudah, Honda Grand Civic Punya Banyak Fans

Honda Grand Civic - www.gettinlow.com

JAKARTA – Grand Civic merupakan sedan lawas buatan yang kini banyak diburu di Indonesia, bahkan sampai mendirikan komunitas mobil. Pasalnya, kendaraan generasi keempat dari Civic tersebut diklaim memiliki yang mudah, terutama di bagian karburator, serta spare part yang masih murah, meski rawan keropos pada beberapa bagian dan agak ringkih di sektor kaki-kaki.

“Mobil ini enak dipakai sebagai harian karena konsumsi bakar yang ekonomis, selain mudah dalam perawatan yang ikut menjadi pertimbangan,” kata Ahmad, mantan Toyota Altis yang kemudian beralih ke Grand Civic keluaran 1990. “Desain Grand Civic juga terbilang seksi dan enak didandani alias dimodifikasi ketimbang Altis yang cenderung ‘gemuk’.”

Sementara, pengguna Grand Civic lainnya, yaitu Hj. Siti Nurromah Sa’ad, menuturkan bahwa tampilan kendaraan tersebut tidak pernah membosankan dan andal dipakai sehari-hari. Hingga sekarang, Honda Grand Civic miliknya masih setia ‘bertugas’ mengawal salah seorang cucu yang menjadi mahasiswa di sebuah kampus di Yogyakarta. “Saya tidak pernah terpikir untuk menjual mobil ini dengan alasan apa pun,” ujar wanita yang berdomisili di Kota Gombong, Jawa Tengah tersebut.

Dalam sebuah forum , banyak yang mengatakan bahwa perawatan Grand Civic secara umum sama seperti merawat sedan lainnya. Beberapa perawatan dasar yang harus rutin dilakukan adalah perawatan mesin, kaki-kaki, AC, dan pembersihan bodi. Sementara, untuk perawatan headlamp, bisa dibawa ke tempat pencucian atau mencoba memakai cairan pembersih.

Yang perlu diperhatikan, mobil tersebut rentan mengalami korosi dan keropos pada sela-sela kaca depan, terutama di bagian atap mengingat adanya celah kecil antara kaca dengan frame yang tertutup karet dan list kaca dari plastik. Di samping itu, keropos juga rentan terjadi pada nomor rangka karena terkena embun dari selang AC, dan bagian bagasi belakang karena adanya sisa-sisa air yang bersarang di sela-sela karet bagasi.

Loading...