Penting untuk Sterilisasi Alat Kedokteran, Harga Autoclave Sterilization Capai Puluhan Juta Rupiah

Autoclave Sterilization - www.compudas.comAutoclave Sterilization - www.compudas.com

yang digunakan dalam dunia memang sudah seharusnya berada dalam sangat bersih atau benar-benar steril. Pasalnya, penggunaan alat-alat kedokteran yang tidak steril justru berpotensi untuk menularkan ke pasien.

Menurut penelitian, gigi yang tidak membersihkan peralatannya dengan benar dapat membuat pasien yang diperiksanya terancam terkena infeksi. Dalam analisis yang dilakukan terhadap 1.667 praktik gigi yang diperiksa oleh Care Quality Commission (CQC), terdapat setidaknya 189 gigi yang tak mengikuti petunjuk tata cara membersihkan instrumen dengan benar.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 9 dokter gigi yang diperiksa telah melanggar pedoman mengenai kebersihan dan pengendalian infeksi yang dirancang untuk mencegah penyebaran kondisi seperti HIV, hepatitis, dan vCJD.

“Praktek pengendalian infeksi dalam kedokteran gigi harus diberi prioritas tertinggi, karena beberapa pasien memiliki kekhawatiran mengenai kebersihan,” kata Katherine Murphy, chief executive dari The Patient’s Association, seperti dilansir Telegraph melalui Detik.

Guna mencegah penyebaran penyakit melalui darah, para ahli menganjurkan dokter untuk membersihkan alat-alatnya dengan benar, yakni digosok dalam satu wastafel, kemudian dibilas dan diproses melalui pembersih uap autoclave. Selanjutnya harus disimpan dalam keadaan steril dan diberi tanggal. Beberapa peralatan juga ada yang tak dapat dibersihkan atau digunakan kembali, sehingga harus dibuang sehabis pakai.

Autoclave merupakan alat sterilisasi cara basah dengan menggunakan uap air jenuh yang bertekanan tinggi. Temperatur yang biasa digunakan biasanya memiliki suhu di atas 100⁰C dan bisa mencapai 650⁰C. Sterilisasi menggunakan autoclave dikenal sebagai sterilisasi yang paling baik jika dibandingkan dengan cara sterilisasi lainnya.

Nah, autoclave sterilization sendiri memang cukup mahal, tergantung dari kapasitas dan mereknya. Sebagai contoh, autoclave sterilisator kering Ozone Electra volume 80 liter dengan Rp 1,5 juta, kemudian autoclave OneMed Sterilizer 80L harganya Rp 37,5 juta, yang 50 L dibanderol dengan Rp 24,3 juta. Kemudian All American Sterilizer/Autoclave 75X kapasitas 39 liter Rp 18,25 juta, autoclave Hirayama HVE-50 50L Rp 58 juta, dan autoclave merk Gea 100 liter dibanderol Rp 33,35 juta.

Loading...