Disediakan Beasiswa, Kapan Pendaftaran Pondok Pesantren Sulaimaniyah Putri Tahun 2021?

Pondok Pesantren Sulaimaniyah (sumber: wasatha.com)Pondok Pesantren Sulaimaniyah (sumber: wasatha.com)

JAKARTA – Sulaimaniyah merupakan satu dari sekian banyak ponpes di Indonesia yang sudah memiliki banyak cabang, mulai Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Jambi, hingga Aceh. Selain putra, lembaga berbasis Islam ini juga membuka pendaftaran untuk baru, termasuk pada tahun 2021 ini.

Dikutip dari situs resmi Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah selaku pengelola pesantren, pendaftaran santri untuk tahun 2021 telah dibuka hingga tanggal 26 Februari 2021. Mereka yang mendaftar, nantinya diwajibkan mengikuti ujian lisan pada tanggal 27 Februari 2021. Apabila resmi diterima, MOS atau masa orientasi sekolah diadakan pada tanggal 11 sampai 14 Maret 2021.

Masih dari referensi yang sama, persyaratan umum santri (baik putra maupun putri) adalah lancar membaca Al Quran dengan tajwid, berakhlak mulia, disiplin, tidak merokok, bersedia mengikuti pendidikan di Indonesia dan di hingga selesai apabila mendapatkan , dan telah menghafal Al Quran surat Ad Dhuha sampai An Nas. Sementara, persyaratan antara lain telah lulus SD/sederajat dan maksimal 14 tahun untuk pendaftar SMP atau telah lulus SMP/sederajat dan maksimal 17 tahun bagi pendaftar SMA.

Khusus untuk santri putri, bisa mendaftar di Pondok Pesantren Sulaimaniyah cabang Duren Sawit, Jakarta Timur. Jika mendapatkan beasiswa, santri akan dikenakan Rp1 sampai Rp2 juta saja untuk uang pangkal. Sementara, bulanan atau SPP berkisar Rp300 ribuan. “Jika santri mendapatkan beasiswa, tetapi tidak betah, akan dikenakan denda sebesar Rp12 jutaan,” tutur Enny Ratnawati, salah satu orang tua santri.

Meski sudah memiliki banyak cabang, Pondok Pesantren Sulaimaniyah masih terus membangun gedung pesantren baru. Paling anyar, Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah sedang mendirikan Pondok Pesantren Sulaimaniyah di Jalan Raya Pandeglang, Lingkar Dalung Gelam, Cipocok Jaya, Serang. Gedung ini diklaim sebagai Pondok Pesantren Sulaimaniyah di Indonesia.

“Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah adalah sebuah pesantren tahfidz bermetode Turki Utsmani yang didirikan pada 2005 oleh para sukarelawan Indonesia dan Turki yang berpusat di Istanbul Turki,” jelas Ustaz Maulana Malik Ibrahim, Ketua Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Serang. “Di Indonesia, sudah ada sekitar 52 cabang pesantren tahfidz. Kami sekarang sedang memberikan beasiswa kepada kurang lebih 3.500 santri tahfidz di Indonesia dan 1.000 santri di Turki.”

Loading...