Pendaftaran Dibuka Mulai 10 Februari 2018, Berapa Biaya Sekolah MAN 3 Malang?

MAN 3 Malang - www.kompasiana.comMAN 3 Malang - www.kompasiana.com

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang atau yang kini telah berganti nama menjadi MAN 2 Malang akan segera membuka Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2018/2019. Untuk tahun ini PPDB secara online akan dibuka mulai 10 Februari hingga 15 Februari 2018. Kemudian untuk seleksi dilaksanakan 2 hari pada 18-19 Februari 2018. Kabarnya untuk mendaftar di MAN 2 Malang akan dikenai psikologi (psikotes) sekitar Rp 100 ribuan.

Setidaknya terdapat 3 PPDB yang dibuka di MAN 2 Malang, yakni Prestasi, Terpadu, dan Reguler. negeri berbasis Islami ini ternyata tidak hanya menarik minat para calon siswa dari Pulau Jawa saja, tetapi juga para calon siswa dari luar Jawa seperti Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

“Sekolah yang mengembangkan agama saja banyak, umum saja pun banyak pula. Namun, MAN 3 Malang mencakup dua-duanya,” kata salah satu orang tua siswa asal Maluku Tengah, Hasan Firdausi, seperti dilansir Radar Malang.

Saat hendak mendaftar ke MAN 2 Malang, calon siswa diwajibkan mengikuti tes masuk yang meliputi tes psikologi, akademik, peminatan, dan tes baca tulis Alquran. Porsi atau kuota siswa yang diterima dari jalur reguler biasanya akan lebih banyak dari siswa yang diterima melalui jalur prestasi dan terpadu. “Meskipun jalur masuknya berbeda, pembayaran di sekolah tetap sama. Kecuali, mereka meraih prestasi dari MAN 3 Malang,” ujar Kepala MAN 3 Malang Binti Maqsudah tahun lalu.

Sayangnya tidak banyak informasi yang diungkapkan mengenai biaya SPP bulanan di MAN 2 Malang untuk tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan referensi tahun 2016 lalu, SPP per bulan sekitar Rp 300 ribu untuk non mahad (asrama). Sedangkan bagi siswa putra maupun putri yang tinggal di asrama Ma’had Al Qalam akan dikenai biaya antara Rp 900 ribuan hingga Rp 1 jutaan, sudah termasuk SPP, makan, dan kamar tidur.

MAN 2 Malang memiliki 4 jurusan atau peminatan, yakni MIPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan. Syarat pendaftaran MAN 2 Malang pun hampir sama seperti sekolah pada umumnya, calon siswa harus beragam Islam dan melengkapi berkas-berkas persyaratan seperti NISN yang terverifikasi online, berusia maksimal 21 tahun, pas foto, fotokopi rapor, dan sertifikat prestasi nasional maupun yang pernah diraih.

Loading...