Pastikan AC Mobil Tetap Dingin, Harga Isi Freon Mulai Rp150 Ribuan

Harga Isi Freon AC Mobil

roda empat, terutama keluaran terbaru, selalu memasukkan AC atau air conditioner sebagai salah satu utama untuk menambah kenyamanan selama perjalanan. Nah, salah satu penting untuk memastikan AC di dalam tetap dingin adalah freon. Karenanya, jika AC sudah tidak dingin, mungkin Anda harus mengisi ulang freon dengan berkisar Rp150 ribuan hingga Rp250 ribuan.

“Sebenarnya, tidak ada freon yang hilang selama AC mobil digunakan. Jika tidak ada pipa yang bocor, freon tidak mungkin habis,” papar pemilik bengkel servis AC mobil di kawasan Timur, Hendi Gunawan. “Meski demikian, disarankan para pemilik mobil untuk mengecek sistem pendingin kabin secara berkala untuk mencegah kerusakan AC saat sedang digunakan.”

Menurutnya, berkala itu dilakukan untuk bagian evaporator dan blower. Sebaiknya, AC dicek rutin setiap 20 ribu km bagi mobil yang diproduksi di atas tahun 2000. Sementara, untuk mobil yang diproduksi di bawah tahun 2000, bisa dicek setiap 10 ribu km. “Kalau untuk isi freon saja, di bengkel kami biayanya Rp200 ribu untuk single blower dan Rp250 ribu untuk double blower, belum termasuk ongkos jasanya,” sambungnya.

Sementara itu, pemilik bengkel ‘Pondok Bambu AC’ di Jakarta Timur, Ahmad Hidayat, menambahkan bahwa perawatan AC pada mobil yang sudah ‘berumur’ pada dasarnya perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya, mobil-mobil lawas jarang yang menggunakan filter AC sehingga membuatnya lebih repot ketika dibersihkan. “Itu bisa dicek freon, pulley-nya bagaimana, apakah masih bagus atau tidak,” katanya.

“Soal biaya, tentu variatif, yakni berkisar Rp150 ribu hingga Rp1 juta, tergantung komponen yang akan dilakukan perawatan atau pergantian,” lanjut Hidayat. “Misalnya, isi freon biayanya berkisar Rp150 ribu untuk single blower dan Rp200 ribu untuk double blower. Nah, kalau ganti filter AC, harganya mulai Rp200 ribu untuk baru.”

Namun, yang perlu diingat, para pemilik mobil jangan sampai salah mengisi freon AC pada kendaraan mereka. Sebab, jika salah menggunakan freon pada mobil, selain merusak beberapa komponen, semburan AC pun menjadi tak dingin. Jika freon sampai salah isi, akibatnya bagian karet pada selang akan cepat bocor, atau dinginnya AC jauh berkurang.

Loading...