Pasca Pidato Janet Yellen, Dolar AS Menekan Gerak Rupiah

Jakarta mengawali perdagangan pagi hari ini, Rabu (27/9) dengan pelemahan sebesar 13 poin atau 0,10 persen ke posisi Rp 13.387 per dolar AS. Sebelumnya, Selasa (26/9), rupiah berakhir terdepresiasi 49 poin atau 0,37 persen ke level Rp 13.374 per dolar AS usai diperdagangkan antara rentang angka Rp 13.334 hingga Rp 13.395 per dolar AS.

Indeks dolar AS terpantau menguat 0,31 persen menjadi 92,934 di akhir perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB terhadap sebagian besar utama lantaran para berusaha mencerna pernyataan baru dari Ketua Federal Reserve, Janet Yellen. Belum lama ini Yellen menuturkan jika The Fed akan secara bertahap memperketat kebijakan moneter karena ketidakpastian tentang di Amerika Serikat.

Lebih lanjut Yellen beranggapan jika pengetatan kebijakan moneter yang terlalu cepat justru berpotensi menimbulkan bahaya untuk ekspansi . Sebaliknya, bergerak terlampau lambat juga berisiko terlalu tinggi, lantaran pasar terus menguat. “Ini akan menjadi bijaksana mempertahankan kebijakan moneter berlanjut hingga inflasi kembali ke dua persen,” papar Yellen, seperti dilansir Okezone.

The Fed sendiri diketahui sudah menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 2 kali untuk tahun 2017 ini. Para pejabat The Fed telah menentukan kenaikan tingkat suku bunga lagi tahun ini pada pekan lalu, dan 3 kali kenaikan untuk tahun 2018 mendatang usai berakhirnya pertemuan kebijakan 2 hari AS.

Sementara itu, rupiah diprediksi akan melemah pada perdagangan hari ini. Analis Valbury Futures Lukman Leong mengungkapkan bahwa ada sejumlah faktor yang mengakibatkan rupiah bergerak sideway selama seminggu ini. “Pasar masih merespon penurunan suku bunga yang terakhir,” ujar Lukman.

Di samping itu, pidato Janet Yellen belum lama ini juga sekaligus memberikan dorongan bagi dolar AS untuk terus bergerak naik. Lukman juga mengatakan bila pasar akan mengantisipasi laporan inflasi bulan Agustus 2017 yang akan dilaporkan pada Senin (2/10) mendatang serta angka inflasi diperkirakan akan meningkat.

Loading...