Pasang Benda di Beton, Berapa Harga Anchor Bolt Ukuran M12?

Harga Anchor Bolt

Jika Anda sering berkecimpung dalam dunia konstruksi dan , Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan anchor bolt. Ini adalah yang biasa digunakan sebagai pengikat atau penyambung untuk melampirkan (memasang) benda atau struktur pada beton. Anchor bolt terdiri dari bermacam-macam , di antaranya M12 yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

“Anchor bolt atau baut jangkar biasa digunakan untuk pengikat pondasi atau concrete dengan bagian konstruksi yang berbeda material, seperti tiang baja maupun konstruksi mesin,” tulis blog Gambar Teknik. “ ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu berupa batangan besi dengan ujung yang ditekuk dan dibuat ulir pada ujung yang lainnya.”

Meski memiliki fungsi sebagai konektor dua bagian, namun dan cara kerja anchor bolt bisa berbeda-beda, tergantung atau jenis alat tersebut. chemical anchor misalnya, adalah anchor bolt yang menggunakan campuran zat kimia untuk keperluan seperti penambah kekuatan, agar tahan terhadap segala kondisi seperti hujan dan lain-lain. “Anchor bolt ini banyak dipasang pada beton, selain juga dipasang di batu bata dan dinding,” timpal Gada Bina Usaha.

“Kemudian, ada juga anchor bolt yang tidak menggunakan bahan kimia, sehingga kekuatan yang dihasilkan dipengaruhi oleh kekuatan media tanam (beton atau batu bata), serta kekuatan besi anchor bolt itu sendiri,” sambung perusahaan. “Sementara, yang ketiga adalah anchor klasik, yaitu anchor yang ditanam terlebih dahulu berbarengan dengan pengecoran struktur. Anchor bolt jenis ini banyak tersedia di .”

Saat ini, sudah tersedia banyak anchor bolt dalam ukuran. Anchor bolt ukuran M12 x 100 mm Sanko misalnya, saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp13.500 per buah. Sementara, untuk model berukuran M10 dipasarkan dengan harga mulai Rp9 ribuan hingga Rp11 ribuan per buah, dan ukuran M08 ditawarkan di kisaran harga Rp3 ribuan hingga Rp5 ribuan per buah.

“Ketika Anda membeli anchor bolt, Anda akan mendapatkan spesifikasi material anchor bolt yang bersangkutan,” sambung Gada Bina Usaha. “Masing-masing merek memiliki tipe, model, perhitungan, dan spesifikasi penggunaan masing-masing. Namun, jika Anda ingin menghitung kekuatan anchor bolt dengan praktis, salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah dengan ACI 318 appendix 5 tentang anchor bolt.”

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top