Pasang Behel Ternyata Tak Boleh Sembarangan, Ini Dokter Gigi Spesialis Orthodontist di Malang

Pasang Behel - www.dishekimi.comPasang Behel - www.dishekimi.com

gigi memang tak bisa dilakukan di sembarang tempat, apalagi untuk urusan behel (bracket) atau kawat gigi. Behel sendiri ditujukan untuk merapikan yang berantakan, jadi bukan semata mengikuti tren yang ada. Namun sebagian besar masyarakat menganggap pemasangan behel bisa dilakukan di semua gigi. Padahal tidak demikian. Pemasangan kawat gigi yang benar ternyata harus dilakukan di ortodonti (Orthodontist), biasanya memiliki gelar Sp. Ort.

Orthodontist sendiri adalah profesi yang memberikan perawatan pada maloklusi, mulai dari taraf ringan hingga berat. Perawatan yang paling umum dilakukan orthodontist adalah membuat susunan gigi menjadi rata. Oleh sebab itu masyarakat diminta tidak mudah tergiur dengan penawaran berupa promo pasang behel murah.

“Behel itu sebenarnya nggak diajarkan di gigi. Jadi kalau ada promo behel murah cek lagi siapa yang menangani, kalau ada yang bilang sudah sertifikasi itu sebenarnya ditraining sama sesama general practitioner bukan dari orthodontist,” ujar drg Rifqie Al Haris, seperti dilansir Suara.

Lebih lanjut drg Rifqie menjelaskan, kasus gigi berantakan bisa disebabkan oleh berbagai , misalnya struktur gigi yang berjejal sampai rahang yang tidak sesuai dengan tempatnya. Pada kasus gigi berantakan karena tulang rahang yang tidak sejajar, menurut Rifqie hanya dapat ditangani oleh dokter gigi spesialis atau orthodontist. “Jadi memang harus tahu kasusnya seperti apa. Kalau saya sih merekomendasikan untuk pemasangan kawat gigi lebih baik ke orthodontist karena sesuai dasar ilmunya,” ungkapnya.

Dokter Gigi dan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia drg. Nada Ismah, Sp.Ort menambahkan, sebelum pemasangan behel, dokter biasanya akan memberi konsultasi terlebih dahulu pada pasien. “Bukan ayo gigi dicetak ayo bayar. Pasti akan saya ceritakan panjang lebarnya. Kenapa harus dilakukan. Apa yang diinginkan pasien,” tuturnya.

Saat ini hampir di setiap kota biasanya sudah ada orthodontist yang siap menangani berbagai permasalahan gigi, khususnya kawat gigi. Di Malang, Jawa Timur misalnya, ada banyak pilihan dokter gigi spesialis atau orthodontist, antara lain drg. Chandra Wigati di Jalan Buring, drg. Nimas Ayu Rizkita di daerah Jalan Cengkeh, drg. Nur Masita Silviana di Gajayana, drg. Kuni Ridha di Griya Shanta, dan masih banyak lagi.

Loading...