Amankah Konsumsi Paket Diet WRP untuk Ibu yang Sedang Menyusui?

Konsumsi Paket Diet Ibu yang Sedang Menyusui - www.shutterstock.comKonsumsi Paket Diet Ibu yang Sedang Menyusui - www.shutterstock.com

, melahirkan, hingga menyusui memang merupakan panjang yang sangat berpotensi membuat para mengalami pertambahan berat badan yang cukup drastis dari sebelumnya. Hal ini pula yang terkadang membuat para wanita resah dan mencoba melakukan untuk menurunkan berat badannya seperti semula. Lantas bolehkah para yang sedang menyusui mengonsumsi paket diet dari WRP seperti produk atau semacamnya?

“Gizi ibu menyusui sangat mempengaruhi air susu, berkaitan juga dengan tumbuh kembang si bayi. Ibu yang menyusui bayi, harus memproduksi 800-1.000 cc ASI. Ibu menyusui disarankan untuk menambah asupan sebanyak 500 kalori untuk menghasilkan air susu untuk kebutuhan bayinya,” demikian bunyi penjelasan WRP di situs resminya.

Sementara itu, dr. Irna Cecilia dari Alodokter pun menjelaskan bahwa pada dasarnya susu diet tak mengandung obat-obatan atau bahan kimia tertentu yang berbahaya. “Susu ini hanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah saja dibandingkan susu biasa. Susu ini dapat dijadikan alternatif untuk susu full cream yang kalorinya lebih tinggi. Anda juga boleh minum susu rendah lemak (low fat milk) yang kandungan lemak dan kalorinya juga rendah sebagai pengganti WRP bila Anda mau. Karena tidak mengandung obat-obatan tertentu, Anda boleh mengkonsumsi susu ini saat Anda sedang menyusui,” ujar dr. Irna.

Lantas apakah susu diet dapat memengaruhi produksi ASI? Rupanya hal ini tergantung dari seberapa keras seorang ibu melakukan diet. “Susu diet sendiri tidak akan menyebabkan penurunan produksi ASI secara langsung, namun bila Anda melakukan diet keras hingga kebutuhan nutrisi dan kalori Anda tidak tercukupi, maka produksi ASI Anda akan menurun,” ucapnya.

“Proses menyusui membutuhkan kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, pastikan anda tetap konsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup agar produksi ASI anda tetap lancar dan ASI anda tetap berkualitas untuk bayi,” sambung dr. Irna.

Paket diet WRP sendiri dengan harga yang variatif. Misalnya saja untuk WRP 1 Week Diet Package mulai harga Rp320 ribu sampai Rp370 ribu per paket. Kemudian untuk susu WRP Meal Replacement 300 gram harganya sekitar Rp104 ribuan per box.

Loading...