Tarif Tergantung Jenis Kendaraan & Jarak Tempuh, Segini Kisaran Ongkos Derek Mobil

Ongkos Derek Mobil - www.sfexaminer.comOngkos Derek Mobil - www.sfexaminer.com

Setiap pengemudi memang harus siap menghadapi segala risiko terburuk ketika sedang berada di jalanan, mulai dari risiko kecelakaan atau tertabrak kendaraan lain, hingga risiko mobil yang mogok. Ketika menghadapi hal-hal yang di luar rencana semacam itu, towing atau derek mobil memang sangat dibutuhkan. atau ongkos derek mobil bermacam-macam, tergantung jenis mobil dan jarak tempuhnya.

derek mobil Jasa Marga sendiri sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Daerah Ibu Kota Jakarta Nomor 1, tahun 2015 tentang Retribusi dan Retribusi atas Penderekan Atas Pemilik Kendaraan. Menurut peraturan tersebut, ongkos derek mobil jenis sedan, SUV, MPV, dan setipenya akan dikenai Rp20.000 untuk jarak 10 km. Kemudian untuk jarak derek dari 10-20 km biayanya Rp35.000, dan bila jaraknya lebih dari 20 km, maka ongkos dereknya dikenai tambahan Rp10.000 per 5 km.

Pihak Jasa Marga kabarnya juga menyediakan deres gratis apabila pengendara meminta jasa derek hingga pintu tol terdekat saja. Tetapi bila diteruskan, maka akan dikenai biaya sesuai rincian tarif yang telah disebutkan sebelumnya.

Adapun untuk jenis mobil bus (bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel), dan mobil barang (truk, kereta penarik, tempelan/gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan ransus) derek sampai 10 km hanya Rp45.000, dari 10 km hingga 20 km Rp80.000, dan untuk jarak lebih dari 20 km dikenai tarif tambahan Rp20.000 setiap 5 km berikutnya.

Selain layanan resmi dari Jasa Marga, ada juga jasa towing atau derek gendong milik swasta seperti Derek Auto yang menyediakan layanan towing dengan biaya , tergantung jarak pengiriman. “Ke Sumatera ada, ke Jawa paling banyak Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semarang dan Yogyakarta sekitar Rp3,5 juta, Surabaya Rp5 juta,” kata Gilang dari Derek Auto, seperti dilansir Kompas. Sedangkan untuk ke Sumatera, harganya sekitar Rp4,5 juta hingga Rp20 juta. Layanan tersedia mulai dari Lampung sampai Aceh.

Syarat untuk menggunakan jasa towing ini cukup mudah. Menurut Faizal dari PRM Towing, pemilik kendaraan hanya perlu menyiapkan surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Bisa juga berupa fotokopi surat jalan. “Nanti kita jemput dan diantar sampai depan pintu di alamat tujuan. Door to door. Disarankan untuk pengiriman luar kota, pemilik kendaraan sudah menyertakan asuransi untuk kendaraan tersebut sebagai keamanan,” ungkap Faizal.

Loading...