Mudahkan Transaksi Online Tanpa Kartu Kredit, Adakah Layanan VCN dari BCA?

Transaksi Online - www.mobitekno.com

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, sudah menjadi bagian dari dan gaya hidup . Akan tetapi tak semua orang bersedia untuk apply credit card. Terutama jika mereka berprinsip ingin membeli suatu tanpa harus berhutang alias kredit. Sayangnya beberapa marketplace biasanya menerapkan pembayaran online dengan kartu kredit, sehingga mau tidak mau beberapa orang pun mencari cara agar bisa bertransaksi tanpa harus menggunakan CC. Pada kasus ini biasanya menggunakan VCC atau VCN sebagai pengganti kartu kredit.

VCC merupakan singkatan dari Virtual Credit Card, sedangkan VCN adalah Virtual Credit Number. Keduanya memiliki yang hampir sama, perbedaannya hanya pada masa berlakunya. VCN biasanya dikeluarkan oleh beberapa seperti BNI dan Mandiri dengan sistem request. Sehingga untuk memperoleh VCN biasanya harus melakukan registrasi dan aktivasi via SMS untuk mendapatkan nomor VCN yang terdiri dari 16 digit dan 3 digit CVC untuk verifikasi. Namun VCN sifatnya hanya sementara, pada BNI hanya berlaku 48 jam saja.

Sementara itu, untuk VCC memiliki masa berlaku yang lebih lama, dengan rentang antara 4 bulan, 1 tahun, hingga 2 tahun. Di pasaran saat ini ada banyak orang yang menyediakan jasa VCC untuk berbagai rekening bank di Indonesia, termasuk Bank Central Asia (BCA). Akan tetapi untuk sementara ini BCA tidak menyediakan layanan VCN seperti halnya BNI. Hal ini terlihat dari jawaban pihak BCA ketika ada salah satu netizen yang menanyakan perihal VCN lewat akun Twitter.

“Bisa nggak BCA dengan VCN-nya digunakan sebagai verifikasi Paypal account?” tanya netter bernama Arganata Aryo. Kemudian akun Twitter Kartu Kredit BCA menjawab, “Mohon info VCN apa yang Anda maksudkan. Netizen pun menjelaskan bahwa VCN yang ia maksudkan merupakan Mastercard untuk merchant online ke luar negeri. Namun pihak admin tampaknya tidak sepenuhnya paham dengan konsep VCN yang dimaksud dan hanya menjawab, “Kartu Kredit BCA Mastercard dapat digunakan untuk transaksi Paypal. Untuk cara verifikasi dapat mengikuti petunjuk dari Paypal.”

Meski tidak menyediakan layanan VCN, BCA memiliki layanan BCA KlikPay yang diperuntukkan bagi pembayaran online. BCA KlikPay memungkinkan nasabah untuk membayar berbagai keperluan termasuk berbelanja online dengan pilihan sumber dana dari rekening debit atau kartu kredit BCA. Untuk bisa menggunakan BCA KlikPay nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan membeli barang di e-commerce yang telah mendukung transaksi lewat KlikPay.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top