Mudah Dibuat, Manisan Jambu Air Kini Jadi Resep Favorit Netizen

manisan jambu air

Selain rasanya yang dan menyegarkan, jambu air ternyata juga berbagai untuk mulai dari kaya akan kandungan vitamin C dan A, mengandung serat, kalsium, tiamin, niasin, hingga kaya akan zat besi. Menariknya, buah jambu air ternyata juga bisa diolah menjadi berbagai yang menarik, mulai dari asinan maupun manisan jambu air.

Selama ini orang Indonesia mungkin hanya mengenal beberapa jenis manisan saja seperti manisan mangga, buah salak, pala, dan sebagainya. Namun belum lama ini kehadiran manisan jambu air di sosial mulai menarik perhatian para pecinta .

Manisan jambu air mendadak viral bermula dari postingan salah satu netizen yang membagikan resep manisan jambu air lewat Instagram. Jambu air berkulit merah tersebut rupanya diolah dengan cara yang cukup sederhana. Untuk membuatnya, buah jambu air hanya perlu dipotong-potong dan dicampurkan dengan cabai, air panas, gula, garam, dan jeruk peras. Seluruh bahan tersebut dicampur rata dan direndam beberapa saat sebelum disantap.

“Ternyata rasanya enak. Asam, pedas, manis. Must try! Bikinnya gampang,” ujar Gina Larasati, salah satu netizen yang pernah mencoba membuat manisan jambu air tersebut.

Akibat postingan tersebut, beberapa netizen mengaku tertarik untuk ikut membuatnya. “Mantap jadi ngeces,” kata pemilik akun nenengmnur. “Bikin ini yuk,” kata netizen lainnya. “Enak kayaknya nih,” sahut yang lain.

Manisan ini bisa dinikmati dalam keadaan dingin, terutama pada siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Jika suka pedas, takaran cabai rawit boleh ditambah sesuai selera. Selain rasanya menyegarkan, buah jambu air yang digunakan dalam manisan ini juga menawarkan sederet manfaat, misalnya saja membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas, mengatasi perut kembung, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan masih banyak lagi.

Sayangnya buah jambu air sendiri tergolong buah musiman, sehingga cukup sulit menemukannya jika tidak sedang musim panen jambu air. Meski demikian, manisan semacam ini bisa diolah dengan menggunakan buah lain seperti rambutan, jambu biji, atau semacamnya.