Meski Rupiah Melemah, Perkembangan Ekonomi Indonesia masih Sehat

rupiahPosisi Rupiah melemah tipis sebesar 5 basis poin di sesi pembukaan antar bank lokal hari ini. Posisi Rupiah turun ke level Rp 13.030 perDolar dari posisi semula Rp 13.025 perDolar pada sesi penutupan di hari sebelumnya.

Reza Priyambada, kepala riset NH Korindo Securities , mengatakan bahwa kenaikan jumlah lapangan kerja baru di Amerika Serikat yang dibarengi dengan penurunan tingkat pengangguran pada bulan Februari tahun 2015 ini telah mengarahkan sentimen positif di pasar, dan menciptakan lebih banyak peluang kemungkinan untuk meningkatkan suku bunga dengan segera. Kondisi ini telah meningkatkan akan di pasar keuangan global dan menggeser posisi lainnya di seluruh dunia, terutama di pasar negara berkembang seperti halnya Rupiah.

“Sentimen positif dari pihak pasar domestik setelah mengumumkan negara naik menjadi USD 115,5 Milyar pada bulan Februari ternyata tidak cukup kuat untuk melawan sentimen negatif dari Federal Reserve,” kata Reza. Reza juga menyatakan bahwa bagaimanapun sentimen positif dari fundamental Indonesia yang sehat memiliki kesempatan untuk memperkuat posisi Rupiah. “Kesempatan perbaikan Rupiah tetap terbuka karena Indonesia masih dapat dikategorikan sebagai kondisi yang sehat,” tambahnya.

Loading...