Meski Harga Terjangkau, Kertas Aluminium Foil Ternyata Berisiko Buruk untuk Kesehatan

Harga Kertas Aluminium Foil

Kertas alumunium foil hingga kini masih banyak digunakan untuk memasak dan membungkus makanan agar dapat menjaga suhu panas dari makanan itu sendiri. yang terjangkau membuat kertas foil dipakai di sejumlah , hotel, hingga cafe ternama untuk mempertahankan cita rasa dari makanan yang disajikan. Namun rupanya beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada bahaya mengintai dari penggunaan aluminium foil dalam jangka panjang.

Kertas alumunium foil di biasanya dalam bentuk roll atau lembaran dengan harga yang relatif terjangkau. Sebagai contoh, untuk merek Best Fresh ukuran panjang 7,6 meter x lebar 30 cm dengan harga mulai Rp 18 ribuan, sedangkan untuk ukuran 45 cm x 75 meter harganya Rp 165 ribuan. Ada pula aluminium foil merek Klin Pak ukuran 8 meter x 30 cm seharga Rp 21.900, merek Bagus ukuran 10 meter x 30 cm harga Rp 55.900, dan Bagus ukuran 8 meter x 30 cm seharga Rp 30.500 per roll.

Menurut penelitian, beberapa aluminium foil yang digunakan untuk memasak dan memanggang bisa larut dalam makanan dan berpotensi menimbulkan masalah jangka panjang. Sementara itu WHO menyebutkan bahwa tubuh manusia mampu melepaskan sejumlah kecil aluminium dengan benar, sehingga orang menganggap aman untuk menelan 40 mg aluminium per kilogram berat badan tiap harinya. Namun sayang mayoritas orang menelan jauh lebih banyak aluminium dari jumlah tersebut.

“Aluminium foil yang digunakan dalam memasak menyediakan jalan bagi logam untuk masuk ke tubuh manusia dengan mudah. Semakin tinggi suhu saat memasak, maka akan semakin banyak aluminium yang larut ke dalam makanan. Daya larut aluminium ke dalam makanan sangat tergantung pada nilai pH cairan, garam, dan rempah-rempah yang ditambahkan pada makanan,” demikian bunyi penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam International Journal of Electrochemical Science.

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa asupan aluminium yang tinggi berkaitan dengan penurunan tingkat pertumbuhan sel manusia, serta berpotensi membahayakan penderita tulang atau kerusakan ginjal. Makanan yang dimasak dengan aluminium foil dalam suhu tinggi ternyata dapat menghasilkan asam yang meningkatkan daya larut aluminium ke dalam makanan.

Peneliti pun menyarankan masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan aluminium foil dalam kegiatan memasak atau sebagai pembungkus makanan. Aluminium foil bisa diganti dengan lain seperti tusuk sate, loyang stainless steel, hingga daun pisang.

Loading...