Menggunakan Material Berkualitas, Berapa Harga Selang Flexible Tahan Panas 1-6 Bar?

Urusan kamar mandi seringkali disepelekan oleh masyarakat Indonesia, apalagi bagi mereka yang memiliki water heater atau pemanas . Selang fleksibel yang digunakan untuk menyalurkan gas ke water heater pada dasarnya harus memiliki tahan panas dan juga tahan agar bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak menimbulkan risiko bahaya. Selang-selang ringan untuk water heater tersebut biasanya memiliki ketahanan tekanan kerja antara 1-6 bar. selang flexible tahan panas 1-6 bar ini dibanderol bervariasi, tergantung dan kualitasnya.

Sebagai contoh, untuk selang fleksibel merk Aer dijual dengan harga sekitar Rp 80 ribuan di . Selang ini memiliki panjang 125 cm dengan lapisan luar terbuat dari stainless steel dan bagian dalam terbuat dari bahan PVC yang dilapisi dengan knitted nylon, sehingga diklaim lebih tahan bocor. Selan semacam ini biasanya diaplikasikan untuk flexible shower closet atau bidet.

Selain selang, hal lain yang perlu diperhatikan adalah peletakan pemanas air. Pemanas air berbahan gas lebih dianjurkan untuk diletakkan di luar ruangan agar tidak memancarkan gas yang berbahaya di dalam kamar mandi. Pasalnya, paparan gas beracun dari water heater jenis gas tersebut bisa sangat membahayakan.

“Kejadian keracunan gas tersebut (karbon monoksida) sangat singkat. Hanya dalam hitungan menit dan tidak ada tanda-tanda lama orang akan kehilangan nyawa,” ujar Dokter spesialis penyakit dalam, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. Ari Fahrial Syam, seperti dilansir Inilah.

Menurut Dr. Ari yang akan menjadi masalah adalah saat pembakaran terjadi secara tidak sempurna, kemudian bocor dan berlangsung di kamar mandi. Risiko dari hal ini bisa sangat mematikan sebab sirkulasi di dalam kamar mandi biasanya kurang baik. “Jadi bisa dibayangkan, jika CO dalam jumlah banyak terhirup dan bertemu dengan darah, maka tidak bisa mengikat oksigen. Sedangkan oksigen diperlukan untuk menjalankan jaringan tubuh termasuk ke jantung,” jelasnya.

Oleh sebab itu, water heater atau pemanas air berjenis gas lebih dianjurkan untuk diletakkan di luar kamar mandi serta dibutuhkan perawatan berkala pada setiap penunjangnya seperti gas LPG, selang, dan sebagainya.

Loading...