Mengandung Omega-3, Harga Minyak Ikan Untuk Anak Mulai Rp 30 Ribuan

Minyak Ikan - www.trtrevolution.com

ikan dikenal sebagai salah satu suplemen yang memberikan berbagai untuk , misalnya untuk mencukupi asam omega-3 hingga memberikan nutrisi untuk hamil. Minyak ikan dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak dan saat ini sudah banyak yang menjual minyak dengan yang bervariasi tergantung merk-nya.

Lalu berapa sebenarnya dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan? Menurut British Dietetic Association (BDA), porsi minyak ikan yang dianjurkan untuk anak-anak adalah 1-5 sendok dalam seminggu, tergantung usia sang anak. Sedangkan mulai umur 12 tahun hingga dewasa dianjurkan mengonsumsi 140 gram ikan segar. Sementara itu, untuk wanita hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi 2 porsi minyak ikan dalam seminggu.

“Salah satu keuntungan dari omega-3 adalah efek pada kesehatan kognitif dan otak kita, dan ini semua dimulai di dalam rahim. Sehingga manfaat dari omega 3 yang dikonsumsi wanita pada pra-konsepsi dan periode antenatal akan meresap kepada bayi,” ungkap Rick Miller, ahli gizi dan juru bicara BDA, seperti dilansir Net Doctor.

“Minyak ikan memiliki manfaat lain dari sekedar omega 3, seperti protein, vitamin dan mineral, jadi merupakan ide yang baik untuk menyertakannya secara teratur dalam diet, tapi lebih sulit untuk menjamin jumlah yang akan Anda dapatkan. Juga kebanyakan orang tidak makan cukup ikan berminyak untuk mendapatkan jumlah yang optimal. Seluruh makanan menyediakan berbagai nutrisi yang lebih besar yang bermanfaat tetapi belum tentu mampu mencapai yang ada pada dosis suplemen omega 3,” sambungnya.

Minyak ikan untuk anak pada dasarnya hampir sama seperti minyak ikan untuk orang dewasa. Namun karena beberapa anak sering kesulitan meminum minyak ikan dalam bentuk kapsul, alhasil sejumlah menciptakan minyak ikan dalam bentuk tablet kunyah alias chewable softgel seperti merek Nature’s Health Omega Junior yang dengan harga Rp 228 ribu per botol isi 30 butir.

Kemudian ada merek Nutrimax Kidz Omega 3 @30 seharga Rp 216 ribu, Wellness Kid Omega 3 Cap @30 Rp 198 ribu, Scott’s Emulsion Vita dengan harga Rp 30-47 ribuan per botol, Circle Salmon Omega 3-6-9 Rp 253.200, hingga merek FishQua minyak hati ikan hiu yang dibanderol dengan harga Rp 79.300. Produk suplemen minyak ikan untuk anak bisa didapatkan di sejumlah apotik yang ada di berbagai kota.

Loading...