Masih Langka di Pasaran Indonesia, Harga Mobil Remote Control Bensin Relatif Mahal

Mobil Remote ControlMobil Remote Control

Umumnya, mobil remote control selama ini dikenal digerakkan oleh energi baterai. Namun tahukah bahwa selain menggunakan tenaga elektrik atau bahan bakar nitro methanol, ada pula RC yang berbahan bakar .

Penggunaan mesin berbahan bakar bensin (gasoline) sudah dikenal luas masyarakat Indonesia untuk berbagai macam penggunaannya. Misalnya, sebagai bahan bakar sepeda motor, mesin pompa angin, mesin pemotong rumput, dan mesin kapal boat. Umumnya, mesin-mesin bertenaga bensin tersebut dipakai untuk penggunaan mesin yang sudah umum diketahui, namun dalam dunia radio control terdapat juga mobil remote control dengan penggerak berbahan bakar bensin.

Mesin dari mobil remote control berbahan bakar bensin ini diketahui menggunakan sistem kerja pembakaran torak yang sama persis dengan mesin kendaraan lainnya. Akan tetapi mesin yang dipakai untuk mobil remote control tersebut adalah mesin torak bakar sistem 2 tak (2 langkah) yang bersilinder tunggal.

Spesifikasi mesin yang sama untuk mobil RC ini setara dengan mesin pemotong rumput yang biasa digunakan untuk memangkas rumput liar. Mesin mobil remote control yang berbahan bakar bensin yang umum dijual di pasaran adalah baja gasoline buggy rtr 23cc rc mobil skala ⅕. Baja X adalah roda belakang mobil off-road skala 1/5 yang nemiliki panjang hampir  32 inchi. Merupakan desain yang revolusioner untuk rc mobil skala besar.

Kapasitas mesin yang dipakai terbilang cukup besar, yaitu 23 cc s/d 40cc. Karena menggunakan mesin yang besar maka mobil remot kontrol bensin ini mempunyai ukuran yang relatif lebih besar pula dibandingkan dengan tipe nitro metanol dan baterai. Maka tidak heran bila panjangnya bisa mencapai sekitar 80cm dan bobotnya mencapai hampir 10 kilogram.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, mobil remote control bensin ini bisa mencapai 2 tenaga kuda. Bila dibandingkan dengan motor matic yang ada di pasaran Indonesia yang memiliki 9 tenaga kuda, maka dapat dikatakan bahwa mobil remote control bensin ini tidak tergolong rc yang memiliki yang maksimal.

Setelah mengetahui spesifikasi dan kemampuan mobil RC ini, maka tentunya banyak orang yang ingin mengetahui berapa pasaran mobil remote control bahan bakar bensin ini. Untuk satu unit mobil remote control bensin dapat mencapai Rp11 jutaan hingga Rp12 jutaan. Hal ini tampaknya memiliki selisih yang sangat jauh bila dibandingkan dengan mobil rc berbahan bakar methanol nitro, yang dijual dengan kisaran Rp2 jutaan.

“Mobil ini barangnya import kalo yang aslinya. Banyakan barangnya dari Taiwan. Kalo dari Cina kurang bagus dan spare part susah dicari. Kita jual bener-bener bahan yang bagus, bukan murahan,” ungkap Welly Jagad,   toko Tagor Service,  dilansir dari Detik.com.

Meski kedua jenis mobil remote control tersebut mempunyai harga jual yang berbeda sangat jauh, namun perlu diketahui bahwa kedua tipe bahan bakar tersebut mempunyai selisih harga yang sangat jauh juga terlebih dikarenakan kesulitan suatu produk dalam mencarinya. Bahan bakar metanol dengan harga sekitar Rp120.000 per 1 liter.

Untuk mendapatkan bahan bakar metanol ini juga tidak semudah yang orang kira, karena tidak semua toko menjual bahan bakar metanol dan hanya di kota-kota tertentu saja yang menjualnya. Mobil remote control bensin ini juga masih jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Loading...