Masih Impor Dari Negara Tetangga, Harga Tepung Kanji 1 Kg Rp6 Ribuan

Tepung Kanji - (Sumber: merdeka.com)

Tepung kanji, atau juga dikenal dengan nama tepung tapioka atau tepung aci, adalah jenis tepung yang terbuat dari singkong. Tepung kanji dijual bebas di mulai dari kemasan plastik kiloan hingga karung dengan harga yang beragam. Misalnya, untuk tepung kanji kemasan 1 kg dibanderol dengan harga kisaran Rp6.000.

Tepung kanji memiliki sifat-sifat yang mirip dengan tepung sagu. Karena keduanya mampu merekatkan -bahan sehingga banyak digunakan sebagai perekat pada dan dijadikan lem. Tepung kanji memiliki bentuk serbuk berwarna putih, tekstur yang kesat, ringan, dan mudah melekat. Jenis tepung kanji ini banyak digunakan di masakan Asia seperti bakso.

yang merupakan salah satu negara produsen singkong. Namun, hingga tahun ini masih melakukan impor dari negara lain seperti Vietnam dan Thailand dalam bentuk tepung tapioka. Impor ini dilakukan karena singkong nasional yang belum memenuhi kebutuhan sepenuhnya, serta harga tepung tapioka asal Vietnam dan Thailand yang lebih murah dibandingkan tepung tapioka .

Nilai perdagangan singkong dan turunannya itu diklaim mencapai Rp100 triliun. Mengalahkan kedelai yang hanya Rp20 triliun. Sayangnya pemerintah belum memastikan kebijakan strategis di industri pangan singkong ini. Celakanya tepung tapioka impor dibebaskan dari bea masuk.

“Tapioka kita tidak bisa bersaing dengan milik mereka yang harganya mulai Rp3.500 – Rp 4.000 per kg, sementara kalau harga produksi singkong kita Rp1.000 per kg, minimal kita harus menjual tepung tapioka Rp 6.000 per kg,” ungkap Ketua Masyarakat Singkong Indonesia (MSI), Suharyo Husein, melalui Kontan.

Ia menyampaikan bila pemerintah belum terlalu memperhatikan singkong di Indonesia, karena belum dianggap sebagai komoditas strategis seperti padi, jagung, dan kedelai. Padahal menurutnya, berdasarkan data BPS, rata-rata produksi singkong di Indonesia mencapai 24 juta dalam satu tahun, dan 80% dari itu digunakan untuk industri.

Suharyo menyebutkan Kementerian pun belum menggelontorkan yang besar untuk singkong. Kemtan baru memberikan subsidi pupuk organik meski tidak dalam jumlah yang besar. Kementerian baru memberikan subsidi pupuk organik, sementara kalau subsidi bibit harus bibit SNI dan di singkong tidak ada seperti itu.

Di Lampung, daerah yang paling banyak memproduksi tepung kanji atau tapioka adalah Mesuji. Potensi Kabupaten Mesuji untuk produksi singkong menjadi tepung tapioka masih sangat potensial. Hal itu karena kemampuan untuk memenuhi kebutuhan nasional baru mampu mencukupi 30 persen dari seluruh kebutuhan nasional.

Namun, 80 persen kegunaan tepung tapioka saat ini masih banyak untuk industri kertas, kemudian bioplastik, bahan untuk membuat plastik kemasan ramah lingkungan, pemanis buatan, hingga kosmetik.

“Kalau kebutuhan untuk makanan, itu sangat sedikit,” ujar Widia dari PT Sinar Pematang Mulia, dilansir melalui Lampost.

Loading...