Mampu Terbang 54 Jam Nonstop, Berapa Harga Drone Penguin B Milik UAV?

Drone Penguin B - www.unmannedsystemstechnology.com

Penguin B buatan UAV Factory bisa dikatakan sebagai salah satu drone paling yang pernah dibuat. Meski ditujukan untuk konsumen umum, namun tanpa awak ini memiliki spesifikasi mirip drone yang biasa digunakan untuk keperluan militer. Ketika UAV Factory merilis produk tersebut pada tahun 2012 lalu, Penguin B UAV ditawarkan dengan mulai 16.400 dolar AS atau setara Rp221,4 jutaan.

Seperti dikutip dari Shephard, selain punya spesifikasi mumpuni, Penguin B milik UAV juga mampu terbang tanpa henti selama 54 jam 27 menit. tersebut telah memutus rekor sebelumnya milik Aerosonde AAI yang mampu terbang selama 38 jam nonstop dan juga rekor milik dengan Insitu’s Scaneagle yang memiliki kemampuan terbang selama 28 jam nonstop.

“Penguin B yang terisi penuh berangkat dari peluncur mobil pada tanggal 5 Juli 2012 dan mendarat dua hari kemudian pada tanggal 7 Juli 2012,” demikian bunyi rilis . “Penguin B membawa hampir 13 kg gas reguler dan minyak premix. bakar disimpan di dalam tangki pesawat terbang dan juga tangki bakar sayap integral.”

Selama penerbangan, pesawat tersebut dikendalikan oleh kontrol penerbangan Piccolo, yang diproduksi oleh Cloud Cap Technology of Hood River, AS. Penerbangan tersebut juga merangkum pengujian penerbangan EFI, yang diproduksi oleh Currawong Engineering of Kingston, Australia. ”Demonstrasi ketahanan 54,5 jam membuka kemungkinan baru untuk memanfaatkan pesawat tak berawak dengan ukuran kecil,” sambung perusahaan.

Menurut chief technology officer UAV Factory, Konstantins Popkis, Penguin B dibangun untuk yang lebih sederhana. Namun, banyak dari pelanggan yang mayoritas sipil mencari kemampuan pemantauan pada drone ini. “Kami telah menerima pesanan dari para periset militer, ilmuwan, perusahaan komersial, bahkan kelompok kampanye Greenpeace untuk memantau Arktik,” ujarnya.

Di dalam resminya, perusahaan mengatakan bahwa platform Penguin B siap untuk payload dan integrasi autopilot. Selain itu, drone ini juga memiliki daya tahan lebih dari 20 jam berkat pilihan mesin dengan bahan bakar sistem injeksi. Kapasitas muatan drone mencapai 10 kg serta memiliki tenaga 80 Watt yang berasal dari sistem generator onboard.

Loading...