Magang di Rumah Sakit, Berapa Biaya Koas Kedokteran?

Ilustrasi : Beberapa orang dokter memeriksa hasil pemerikasaan X-RayIlustrasi : Beberapa orang dokter memeriksa hasil pemerikasaan X-Ray

JAKARTA – Bukan rahasia lagi jika di Fakultas Kedokteran memang sangat mahal, tidak hanya di swasta, melainkan juga perguruan tinggi negeri. Pasalnya, setelah lulus Sarjana atau S1, calon ini masih harus mengikuti koas (coass) atau magang di dengan biaya yang tidak bisa dikatakan murah.

Bagi Anda yang belum paham mengenai koas, ini bisa dikatakan profesi di Dokter setelah lulus Sarjana. Biasanya, program koas ini dilaksanakan selama dua tahun (misalnya di UGM). Jadi, setelah lulus kuliah, mahasiswa memang sudah mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran, tetapi belum bisa menjadi dokter atau menyandang gelar dr.

“Ada banyak pengalaman yang bisa diperoleh ketika mengikuti program koas, salah satunya menangani banyak pasien di rumah sakit dengan variasi yang beragam,” ujar Irwanda, Sarjana Kedokteran FK Universitas Tanjungpura, dilansir Kompas. “Pengalaman melihat contoh tindakan dari pembimbing, menyentuh langsung pasien, dan melakukan tindakan sendiri akan terekam dalam ingatan.”

Untuk itu, biasanya pembimbing memberi koas kepercayaan melaksanakan tindakan medis. Hal tersebut dilakukan sesuai tuntutan kompetensi setelah menguji kemampuan koas, membimbing, dan mengawasinya. “Menangani banyak pasien di rumah sakit dengan beragam penyakit akan melatih kompetensi,” sambung Irwanda.

Biasanya, dalam koas ini, ada beberapa tahapan, yakni mayor dan minor. Tahapan mayor antara lain penyakit dalam, bedah, obgyn, , serta IKK IKM (Ilmu Kedokteran Keluarga Ilmu Kesehatan Masyarakat). Sementara, tahapan minor antara lain mata, kulit kelamin, jiwa, anestesi, THT, saraf, forensik, radiologi, gigi & mulut, dan rehabilitasi medik.

Untuk mengikuti program koas, para sarjana kedokteran bakal dikenakan biaya lagi, dengan besaran yang tidak bisa dikatakan murah. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta misalnya, mengenakan biaya koas mulai Rp23,73 jutaan untuk angkatan tahun 2014 lalu, yang terdiri dari uang pokok dan uang kepaniteraan.

Loading...