Layani Rute Malang-Banyuwangi, Ini Tarif & Jadwal Bus Harapan Baru

Bus Harapan Baru - www.indoamaterasu.com

menggunakan darat masih menjadi transportasi yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun jalanan kini mulai padat, beberapa kalangan masih menyukai naik moda transportasi umum seperti untuk mengantarkan mereka bepergian antar maupun antar . Malang-Banyuwangi sendiri kini tengah padat setelah meletusnya Gunung Agung di Bali. Masyarakat yang ingin ke Bali memutuskan untuk menempuh jalur alternatif dengan naik bus karena yang dipatok lebih murah dibandingkan pesawat.

Bagi Malang yang ingin ke Banyuwangi tersedia Perusahaan Otobus (PO) Harapan Baru yang cukup populer di kalangan traveler. Bus kelas ekonomi non AC ini mematok tarif tiket mulai Rp 45 ribuan hingga Rp 90 ribuan per orang. PO Harapan Baru menggunakan konfigurasi tempat duduk atau seat 3-2 serta melalui rute Tulungagung, Blitar, Malang, dan Pasuruan dengan keberangkatan mulai pukul 06.00 WIB.

Sebaliknya, dari Banyuwangi ke Terminal Arjosari Malang juga bisa naik bus Harapan Baru pada jadwal keberangkatan jam 08.00 WIB dan 15.00 WIB. Harga tiket yang dipatok mulai Rp 65 ribuan per orang. Selain PO Harapan Baru, calon juga bisa memilih bus Akas ke arah Jember, kemudian dari Jember bisa ganti bus jurusan Malang.

Untuk bus keberangkatan dari Malang ke Banyuwangi dan sebaliknya memang terbatas. Jika ingin menemukan lebih banyak alternatif bus patas, maka rute keberangkatan bisa dialihkan dari Surabaya. Di Surabaya ada banyak pilihan bus menuju Banyuwangi, misalnya saja PO Ladju dan bus-bus lainnya.

Sebagai informasi, rute bus ke Banyuwangi saat ini tengah padat menyusul dampak dari ditutupnya Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar beberapa waktu lalu. Meski Bandara Ngurah Rai sudah kembali beroperasi seperti biasa, namun bus-bus menuju Banyuwangi dikabarkan tetap padat. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub sendiri menyediakan 100 unit bus untuk mengantarkan penumpang menuju terminal atau pelabuhan.

“Seratus bus itu 40 dari Damri, 60 dari Organda yang diarahkan ke Terminal Mengwi hingga ke lokasi tujuan, termasuk nanti menyambung ke penyeberangan dan ke Banyuwangi,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, seperti dilansir Republika.

Loading...