Latih Anak Mahir Ngomong, Biaya Terapi Wicara di Surabaya Terjangkau

Terapi Wicara Anak - akubisamendengar.comTerapi Wicara Anak - akubisamendengar.com

SURABAYA – Terapi wicara atau terapi bicara merupakan yang bisa dilakukan jika bicara anak masih belum optimal saat mereka menginjak usia dua sampai tiga tahun. Untuk mendapatkan ini tidaklah sulit, karena sudah banyak klinik atau yang menyediakan terapi wicara. untuk Anda yang berdomisili di Surabaya, untuk terapi wicara ini berkisar ratusan ribu .

Umumnya, orang tua akan menganggap keterlambatan bicara pada anak-anak (delayed speech) sebagai hal yang biasa. ‘Nanti juga ngomong’ atau justru percaya pada mitos bahwa anak lelaki normal terlambat bicara karena perempuan lebih cerewet. Padahal, terlambat berbicara merupakan salah satu dari sekumpulan gejala lain yang bisa menjadi gangguan yang perlu diwaspadai.

“Untuk tahu apakah anak terlambat bicara atau tidak, kita bisa berpatokan ketika mereka usia satu tahun, bisa mengatakan satu kata dan bukan kata pengulangan seperti ‘mama’,” jelas dr. Gitayati Hadisukanto Sp.KJ (K) dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. “Setiap bulan, biasanya perbendaharaan mereka akan bertambah satu kata.”

Untuk gangguan berbahasa ekspresif dan reseptif, umumnya terbilang ringan dan hanya perlu dilakukan terapi wicara. Yang dimaksud gangguan ekspresif ini adalah gangguan dalam kemampuan mengekspresikan bahasa secara lisan di bawah usia mental. Tetapi, pemahaman bahasanya normal, mengerti instruksi atau yang orang katakan.

Jika anak Anda kesulitan berbicara, Anda bisa menggunakan layanan terapi wicara yang disediakan di berbagai klinik kesehatan maupun rumah sakit. Khusus untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, biaya terapi wicara di Siloam Hospital berada di kisaran Rp121 ribuan sampai Rp182 ribuan, sedangkan di RS Mitra Keluarga biayanya mulai Rp215 ribuan.

“Selama menjalani terapi wicara, yang baik antara terapis dan orang tua juga perlu dibangun,” timpal Kurnia Rita, pendiri AMG Clinic yang berlokasi di Cawang, Jakarta Timur. “Orang tua harus membiasakan anak terlibat dalam aktivitas yang mengandalkan kemampuan berkomunikasi mereka agar terapi wicara ini bisa berhasil, karena proses terapi wicara di klinik biasanya dilakukan hanya dua sampai tiga kali seminggu.”

Loading...