Kurs Rupiah Hari Ini : Dolar Amerika Menguat, Rupiah Anjlok lagi

dolar-rupiahEuphoria penguatan Serikat secara global tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Melalui prediksi analis Bank sentral , diketahui bahwa Amerika akan terus menjadi lebih agresif dalam strategi akumulasi cadangan untuk membangun jalur pertahanan yang kuat menjelang permintaan yang lebih kuat.

“ Tren penguatan Dolar AS ini setidaknya akan bertahan selama 6 tahun. Sedangkan posisi sangat rentan terhadap lonjakan permintaan” Ujar Callum Henderson, Kepala peneliti valuta asing (forex) penelitian berstandar. “Mengingat bahwa hal ini (tren penguatan dolar) dimulai pada tahun 2011, maka sepertinya akan berlangsung hingga 2017 atau 2018. Menjelang kenaikan AS, kita akan terus melihat pelemahan pada lainnya dan Indonesia tidak akan kebal dari hal itu” .

Sebagian besar mata uang Asia telah anjlok terlebih dahulu menghadapi Dolar AS minggu lalu, karena adanya pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung di Amerika Serikat mendorong permintaan global. ditutup pada Rp 12.196/USD pada hari Jumat (28/11), yaitu anjlok 74 basis poin dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Sedangkan hari ini (1/12), masih cenderung ke Rp 12.200/USD. Menurut prediksi Ju Wang, ahli strategi senior HSBC Bank di Hong Kong , Rupiah berpotensi melemah hingga Rp 12.600/USD pada awal tahun mendatang.

Loading...