Belum Mampu Bangkit, Kurs Rupiah Melemah 25 Poin di Awal Dagang

Rupiah - mappijatim.or.idRupiah - mappijatim.or.id

Jakarta dibuka melemah sebesar 25 poin ke angka Rp14.050 per AS di awal pagi hari ini, Jumat (19/2). Kemarin, Kamis (18/2) sore, kurs rupiah terpaksa melemah tipis 5 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp14.025 per AS usai Bank (BI) memutuskan memangkas suku bunga acuannya.

Sementara itu, indeks dolar AS yang mengukur pergerakan the terhadap sejumlah mata uang utama terpantau melemah. Pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB, indeks dolar AS terkoreksi 0,33 persen ke level 90,601 usai menguat selama dua hari berturut-turut. Dolar AS berbalik melemah ketika ekspektasi pemulihan yang cepat dari krisis corona diredam oleh data tenaga kerja yang mengecewakan. Hal tersebut memicu menghindari risiko.

“Sulit untuk merujuk apa yang menarik dolar lebih rendah hari ini. Tapi sejak awal tahun ini, sekitar putaran kedua Georgia (pemilihan senatorial), kinerja ekuitas AS relatif telah berkorelasi dengan dolar,” ujar Analis Mata Uang Senior TD Securities, Mazen Issa, di New York, seperti dilansir Antara.

“Untuk saat ini, ini adalah perdagangan spekulatif, tapi pasti ada tempat untuk itu dalam perekonomian besok. Ini tidak akan hilang tetapi ada banyak spekulasi yang terjadi, dan aspek FOMO (Fear Of Missing Out), adalah komponen utama,” imbuh Issa.

Sedangkan rupiah hari ini diperkirakan bergerak terbatas dan masih dipengaruhi oleh sentimen eksternal. Menurut Research and Education Coordinator Valbury Futures Nanang Wahyudin, penyebab pelemahan rupiah karena menguatnya dolar AS seiring dengan membaiknya data ekonomi Amerika Serikat, khususnya pada Empire State Manufacturing Index dan penjualan ritel yang melampaui ekspektasi.

“Membaiknya data ekonomi memberi sinyal perlahan-lahan ekonomi AS mulai pulih di tengah pandemi,” jelas Nanang, seperti dikutip Kontan. Akan tetapi, pasar juga menantikan data ekonomi Philadelphia Fed Manufacturing Index yang diperkirakan turun 20,3 dari 26,5.

Nanang menambahkan, momentum aksi bargain hunting untuk melepas dolar AS dapat terjadi bila data yang dirilis menunjukkan hasil buruk. “Ini terlihat dari pergerakan mata uang utama dunia yang di perdagangan sore (kemarin) mengalami rebound,” tandasnya.

Loading...