Rupiah Menguat di Tengah Optimisme Kesepakatan Brexit

Rupiah - www.cnnindonesia.comRupiah - www.cnnindonesia.com

Jakarta mengawali perdagangan pagi hari ini, Jumat (18/10), dengan penguatan sebesar 11 poin atau 0,08 persen ke level Rp14.144 per dolar AS. Sebelumnya, Kamis (17/10), Garuda berakhir terapresiasi 17 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp14.155 per USD.

Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan the Greenback terhadap sejumlah mata uang utama terpantau melemah. Pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB, indeks dolar AS dilaporkan turun sebesar 0,40 persen ke angka 97,6096 menyusul pelemahannya terhadap pound sterling lantaran Inggris dan Uni Eropa belum lama ini mencapai kesepakatan Brexit baru.

“Kami sekarang memiliki protokol yang baru disetujui yang melindungi perdamaian dan stabilitas di pulau Irlandia dan sepenuhnya melindungi pasar tunggal kami. Saya berharap bahwa kami sekarang dapat membawa ini melewati batas dan memberikan kepastian yang pantas diterima warga dan kami,” ujar Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, dari dalam negeri rupiah berhasil menguat selama beberapa hari berturut-turut lantaran minimnya sentimen dan juga indeks dolar AS yang sedang melemah. Menurut Analis Valbury Futures Lukman Leong, rupiah menguat karena dampak dari USD yang juga melemah. Alhasil sejumlah mata uang lainnya juga kompak naik. “Hari ini indeks dolar terkoreksi juga mempengaruhi secara ,” jelas Lukman, seperti dilansir Kontan.

Di samping itu, Lukman menambahkan bahwa menguatnya rupiah juga karena hubungan dengan China yang kini sedikit mereda. Pasalnya, selama ini isu dagang jadi sentimen utama yang menggerakkan rupiah. Oleh sebab itu, menurut Lukman jika sentimen tersebut reda maka dampaknya akan membuat rupiah rebound.

Minimnya sentimen pun menyumbang dampak yang positif untuk rupiah. Data-data yang dirilis ke depannya pun masih minim, sehingga berpengaruh besar. “Peluang rupiah bergerak turun atau menguat masih ada seiring data yang minim,” tutur Lukman. Ia pun memprediksi hari ini rupiah akan bergerak menguat tipis.

Loading...