Kurs Dolar AS Bervariasi, Rupiah Merosot 15 Poin di Awal Perdagangan

www.liputan6.com

Jakarta mengawali pagi hari ini, Rabu (9/8) dengan pelemahan sebesar 15 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 13.328 per AS, seperti dilaporkan dari Index. Sebelumnya, Selasa (8/8), mata uang Garuda berakhir terapresiasi 0,06 persen atau 8 poin ke level Rp 13.313 per dolar AS usai diperdagangkan di rentang angka Rp 13.298 hingga Rp 13.342 per dolar AS.

Sementara itu indeks dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap sejumlah mata uang utama lainnya pada hari Selasa atau Rabu WIB. Hal ini ditengarai lantaran para investor tengah mempertimbangkan yang baru saja dirilis. USD diperdagangkan naik sebesar 0,21 persen menjadi 93,628 di akhir perdagangan Selasa waktu setempat.

lowongan pekerjaan di Amerika Serikat mencapai 6,2 juta pada hari kerja terakhir bulan Juni. Angka tersebut sekaligus mencapai rekor tertinggi berdasarkan laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada Selasa (8/8) kemarin. Perolehan tersebut juga mampu mematahkan konsensus sebelumnya.

Para pelaku pasar kini juga terus mencermati pidato pejabat untuk memperoleh petunjuk terkait kemungkinan kenaikan suku bunga acuan The Fed berikutnya. Sebelumnya Presiden St. Louis, James Bullard menuturkan bahwa pihak bank sentral tak perlu menaikkan suku bunga acuannya dalam waktu dekat ini. “Tingkat kebijakan suku bunga saat ini kemungkinan masih sesuai selama jangka pendek,” ujar Bullard, seperti dilansir Antara.

Pasca beberapa pihak mengisyaratkan jika The Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunga acuannya pada pertemuan berikutnya yang akan diselenggarakan bulan depan, investor saat ini juga sedang menanti rilis data Amerika Serikat pada hari Jumat waktu setempat. “Para pedagang tidak mungkin memberikan gambaran besar menjelang rilis data AS pada Jumat,” kata Stephen Innes, head of Asia Pacific trading di Oanda in Singapore.

Di sisi lain, nilai tukar yen Jepang terpantau menguat tipis terhadap the Greenback pada Rabu (9/8) usai Korea Utara menyatakan rencananya untuk menembakkan rudal di wilayah Guam, AS. Yen Jepang dilaporkan menguat 0,29 persen atau 0,32 poin ke level 110,01 yen per dolar AS pukul 7.42 WIB. Sebelumnya yen dibuka stagnan pada posisi 110,33.

Loading...