Kuliner Legendaris Bandung, Harga Kopi Aroma Cukup Murah

Harga Kopi Aroma

Berbicara mengenai Kota Bandung, mungkin Anda lebih familiar dengan potensi alam dan belanjanya, seperti kawasan Lembang atau pusat FO di Dago. Namun, selain , Kota Kembang juga memiliki sajian yang menggugah selera, salah satunya . yang konon sudah ada di Bandung sejak era 1930-an ini ditawarkan dengan mulai Rp25 ribuan (kemasan 250 gram) dan bisa Anda jadikan oleh-oleh menarik.

Kopi Aroma memiliki pabrik yang terletak di Jalan Banceuy No. 51, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung. Dengan desain arsitektur bergaya Belanda, pabrik tersebut tidak pernah sepi antrean orang-orang yang ingin membeli satu bungkus kopi legenda asal Kota Kembang. Diperkenalkan sejak tahun 1930 oleh Tan Houw Sian, ketenaran Kopi Aroma ini bahkan sudah merambah hingga luar negeri.

“Bisa bertahan sampai saat ini karena kami tetap berpatok pada prinsip 7 M (man, money, material, machine, method, market, dan minute),” jelas Widyapratama, pengelola pabrik kopi ini, seperti dilansir Liputan6. “Kami tetap mempertahankan proses (pengolahan) yang organik, harga yang murah, penggunaan alat-alat yang tradisional, dan tentu saja rasa yang khas.”

Sebelum kepada para pencinta kopi, Widya menambahkan bahwa biji kopi harus dijemur sinar matahari sebelum disimpan selama lima tahun untuk kopi robusta dan delapan tahun untuk kopi arabika. Penyimpanan itu demi mengurangi kadar kafein sehingga kopi aman untuk dikonsumsi. “Sebagai , kami ingin memastikan kalau produk kami itu aman ketika dikonsumsi,” katanya.

Kopi yang disimpan selama bertahun-tahun itu juga memiliki khasiat untuk menjaga . Keunikan lainnya, di pabrik ini, kopi tidak disentuh sama sekali dengan bahan-bahan kimia. Setelah disangrai, biji kopi itu kemudian dijemur di bawah sinar matahari dan barulah disajikan dengan air hangat atau air panas.

Untuk yang ingin mendapatkan Kopi Aroma berbentuk bubuk dalam kemasan 250 gram, cukup merogoh kocek mulai Rp25 ribuan untuk produk kopi robusta dan Rp30 ribuan untuk produk kopi arabika. Sementara, untuk kemasan 1 kg, harga kopinya berkisar Rp148 ribuan. “Kalau mau beli kopi, silakan datang ke sini, tapi maksimal beli lima kilogram,” pungkas Widya.

Loading...