Corak Bulu Mirip Macan Tutul, Kucing Bengal Anakan Saja Bisa Dijual Harga Rp1 Juta

Kucing bengal (sumber: meowguide.com)Kucing bengal (sumber: meowguide.com)

Memelihara persia atau anggora mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan bengal? eksotis satu ini belakangan menjadi sensasi tersendiri bagi para pecinta karena memiliki corak yang menarik mirip macan tutul. Posturnya yang gagah juga membuat bengal dijuluki sebagai Mini Leopard. Eksotisme itu pula yang membuat bekal di cukup mahal, bisa mencapai puluhan juta .

Jika ingin kucing bengal yang murah, tentu saja hampir mustahil untuk ditemukan. Beberapa orang yang tertarik memelihara kucing bengal namun budgetnya terbatas biasanya memutuskan untuk memelihara kitten atau anakan kucing bengal. Dibandingkan kucing bengal yang sudah , kitten bengal harganya relatif lebih murah, berkisar mulai Rp1 jutaan di sejumlah jual-beli online. Apalagi jika kucing bengal tersebut memiliki keturunan baik (pedigree) dan bersertifikat, tentunya harganya bisa lebih mahal lagi, mencapai Rp9,75 juta untuk yang usianya masih 5 bulan.

Sebelum membeli kucing bengal, ada beberapa hal yang diperhatikan oleh para cat lovers, misalnya saja bentuk punggung. “Biasanya dilihat juga tulang kaki depan sama belakang. Yang bagus, yang belakang lebih tinggi,” kata Bagus Prihanto, breeder asal Surabaya, seperti dilansir Jawapos. Bagian kaki belakang yang lebih tinggi rupanya membuat kucing bengal tampak seperti macan yang sedang bersiap menyergap mangsanya. Terlebih jika bagian ekor melengkung ke atas.

Untuk urusan , kucing bengal direkomendasikan makan formula daging merah untuk membantu perkembangannya. Jadwal pemberian makan bisa diselang-seling, misalnya hari ini diberi daging giling burung puyuh, besoknya daging sapi, begitu seterusnya. Daging itu hanya bertugas sebagai tambahan. Sedangkan untuk pagi dan sore, kucing tetap diberi kering seperti biasa. “Beli daging biasa, lalu kita potong kecil-kecil. Diamkan di kulkas tiga hari dulu,” ujarnya.

Selain itu, kucing bengal mempunyai karakter pencernaan yang sensitif. Oleh sebab itu, pemilik harus rutin melihat kondisi perut kucing, apakah kembung atau tidak. “Makanya, pola makan dan menu makanan mesti dijaga betul,” tandasnya.

Loading...