Kondisi Politik Tak Menentu, Harga Bitcoin Hari Ini Tembus Lebih dari $ 3.700

Bitcoin - flippingincome.com

Memanasnya isu Utara yang mengancam akan meluncurkan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat akhir-akhir ini membuat sejumlah aset safe haven semakin tinggi . beberapa safe haven seperti franc Swiss, yen Jepang, emas, hingga mata uang pun dilaporkan meningkat.

Hari ini, Sabtu (12/8), Bitcoin 1,97% ke level 3.752,05 per 1 BTC atau sekitar Rp 50 jutaan setelah dibuka di level 3.679,61. Sepanjang perdagangan hari ini Bitcoin bergerak di kisaran angka 3.650,32 hingga 3.752,91 dengan pangsa sebesar USD 61,93 miliar. Bitcoin dilaporkan berhasil melonjak lebih dari 20% ke rekor tertinggi pekan ini, sedangkan aset safe haven seperti emas hanya naik 2% ke level tertinggi 2 bulan.

Pada Jumat (11/8) kemarin Bitcoin berhasil naik lebih dari 3,5% ke level tertinggi sepanjang masa di angka USD 3.586,23 menurut CoinDesk Bitcoin Price Index (BPI). Perolehan tersebut sekaligus menunjukkan bahwa Bitcoin telah meningkat 24% sejak Jumat lalu dan nilainya meningkat 3 kali lipat untuk tahun ini.

Kenaikan bitcoin terjadi seiring perpecahan yang tak lancar minggu lalu menjadi bitcoin dan bitcoin cash, sebuah proposal yang didukung oleh sebagian kecil pengembang. Pekan ini, sebagian besar pengembang memberi isyarat dukungan untuk upgrade yang lebih populer dengan sebutan Segregated Witness, atau SegWit.

“Dengan SegWit terkunci, dan perpecahan yang efektif antara dua kubu dengan visi berbeda untuk aset (BTC dan BCH), bitcoin sekarang mengalami dorongan untuk reli,” ujar Chris Burniske, penulis buku tentang Cryptoassets, seperti dilansir CNBC. “Sejumlah besar entitas, termasuk institusi sedang tersadar dengan kelebihan Bitcoin sebagai mata uang yang tidak berkorelasi dengan pasar tradisional,” imbuhnya.

Sementara itu banyak penggemar mata uang virtual lainnya yang meyakini bahwa suatu saat bitcoin akan menjadi ‘emas digital’ di tengah munculnya cryptocurrency yang lain. Pasokan bitcoin terbatas pada 21 juta, namun permintaan terhadap BTC tetap tinggi karena ini merupakan langkah yang biasa bagi para investor baru untuk turut berpartisipasi dalam pasar cryptocurrency yang sedang tumbuh.

Meski demikian, tak ada jaminan jika mata uang digital ini bisa terus naik bahkan jika Bitcoin selamat dari kontroversi musim panas ini terkait cara terbaik untuk melakukan upgrade jaringan Bitcoin. Tahap kedua dari SegWit akan diadakan pada bulan November 2017 dan bisa menghasilkan perpecahan lagi dalam bitcoin.

“Setiap hari melihat pembeli baru memasuki pasar, dan seiring kenaikan harga, pemilik Bitcoin hanya menjadi lebih bullish. Tren ini mungkin berlanjut sampai ada kejutan eksogen untuk menarik perhatian penjual baru,” ujar Ari Paul, CIO perusahan investasi cryptocurrency BlockTower Capital.