Klaim Axel Springer Ditolak, Adblock Plus Legal di Jerman

Axel Springer - phys.orgAxel Springer - phys.org

Pengadilan sipil tertinggi di , Bundesgerichtshof (BGH), menolak klaim yang diajukan raksasa setempat, Axel Springer, yang menuduh Eyeo, pengembang yang berada di balik Adblock Plus, melakukan praktik persaingan yang tidak sehat. Menurut pengadilan setempat, Adblock Plus, ekstensi penyaringan konten dan pemblokiran , tidak melanggar undang-undang persaingan dan akan tetap tersedia secara bebas di Jerman.

Dikutip dari DW, Axel Springer adalah yang terbaru dari beberapa perusahaan media Jerman yang berpendapat bahwa pencekalan Eyeo terhadap iklan online melanggar ‘ kompetisi’. Ini juga disebut sebagai ‘putih’ milik Eyeo, yang memungkinkan situs web membayar sehingga apa yang disebut iklan ‘non-agresif’ dapat melewati filter Adblock Pro.

BGH tidak memuluskan klaim tersebut, dengan alasan bahwa karena pengguna harus secara aktif mencari dan menginstal tersebut, mereka tidak melakukan hambatan langsung ke bisnis media. Selain itu, hakim mengatakan bahwa Axel Springer dapat mempertahankan dirinya dengan menolak akses ke pengguna yang memasang Adblock Plus. “Fakta bahwa penggugat mampu membela diri terhadap pemblokiran iklan memainkan peran penting dalam putusan itu,” kata hakim ketua.

Axel Springer adalah organisasi berita Jerman terbaru yang mencoba, dan gagal, memaksa Adblock Plus berhenti. Harian Jerman, Süddeutsche Zeitung, serta RTL Interactive dan Pro Sieben Sat 1 Media, sebelumnya telah melayangkan gugatan ke Pengadilan Munich. Tetapi, klaim Axel Springer adalah yang pertama yang mencapai pengadilan sipil dan kriminal tertinggi Jerman, setelah kasus itu disahkan oleh pengadilan regional di Cologne.

Axel Springer sendiri mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan itu ke Mahkamah Konstitusi Jerman, dengan alasan bahwa pemblokir iklan melanggar kebebasan pers dengan merusak kelangsungan keuangan jurnalisme dan media online. Banyak publikasi Axel Springer, seperti Bild, mengoperasikan Paywall parsial untuk konten premium mereka secara online, serta memungkinkan iklan di beranda mereka.

Loading...