Kenyal dan Manis, Manisan Kolang-kaling Kering Pas Untuk Hidangan Lebaran

manisan kolang kaling kering

Jika tidak ada aral melintang, minggu depan umat di seluruh , termasuk , akan merayakan . Nah, bagi Anda yang ingin membuat hidangan untuk para tamu, manisan kolang-kaling kering bisa menjadi menu yang menarik. Karena, manisan ini memadukan tekstur yang kenyal dan rasa manis yang menggelitik.

Selain manisan kering, manisan kolang-kaling sebenarnya juga bisa dibuat dalam bentuk basah. Prinsip pembuatannya sebenarnya sama, hanya pada manisan kering, ditambahkan satu langkah pengawetan, yaitu pengeringan sampai diperoleh kering yang . ini bisa dilakukan dengan mengeringkan kolang-kaling di dalam oven bersuhu rendah atau dijemur di bawah terik matahari selama beberapa hari.

“Pertama, kolang-kaling segar direndam dalam biasa selama dua hari, kemudian dimasukkan ke dalam mendidih selama 15 menit dan ditiriskan,” jelas Prof. Dr. Made Astawan. “Untuk menambah daya tarik, kolang-kaling dapat diwarnai dengan cara direndam di dalam larutan pewarna yang diizinkan untuk makanan, lalu diaduk rata, didiamkan sebentar, dan ditiriskan.”

Langkah selanjutnya, sambung Made, adalah sulfurisasi dengan menggunakan larutan natrium bisulfit sebanyak 1,5 gram per liter air selama 15 menit. Tujuan proses ini adalah untuk mempertahankan , , menghambat proses pencokelatan, dan bersifat sebagai antioksidan dan untuk mereduksi racun.

“Setelah dilakukan perendaman selama 15 menit, kolang-kaling segera diangkat dan ditiriskan,” sambungnya. “Kemudian, kolang-kaling dimasukkan ke suatu wadah stoples dan ditambahkan larutan gula berkonsentrasi 60 persen (60 gram per 100 ml air), dengan perbandingan dua bagian kolang-kaling dan satu bagian larutan gula.”

Dengan perendaman selama 24 jam, gula akan merembes masuk ke dalam kolang-kaling. Selain sebagai pemanis, larutan gula pekat ini juga berfungsi untuk menarik air keluar dari produk sehingga manisan yang dihasilkan akan menjadi lebih rendah kadar airnya dan tentu saja lebih awet. “Campuran kolang-kaling dan larutan gula tersebut kemudian dipanaskan sambil diaduk-aduk selama 20 menit, dan setelah dingin, dapat dicuci dengan air bersih dan disimpan di dalam lemari es agar segar,” tutupnya.

Loading...