Kembali Ditutup Melemah, Rupiah Nyaris sentuh 14.300 hari ini

Budi Gunaidi Sadikin - Dirut Bank MandiriRupiah terpantau makin jelang penutupan sesi akhir perdagangan. Berdasar Indeks , Rupiah tercatat melemah pada level Rp 14.266 perDolar AS. Rupiah turun 0,66% atau setara 93,7 basis poin. Rupiah bahkan nyaris menyentuh level psikologis 14.300-an dengan rentang pergerakan harian mulai level Rp 14.214 hingga Rp14.297 per .

Budi Gunaidi Sadikin selaku Dirut PT Bank Mandiri menyayangkan kondisi Rupiah saat ini. Menurut Budi, anjloknya yang mencapai 14.200-an ini sudah tidak ideal. “Ya, sudah kelewatan. Seharusnya tidak Rp 14.200 per dolar AS. Idealnya Rp 13.500 per dolar AS,” ujarnya di Jakarta, siang ini (7/9). Dalam kesempatan yang sama, Budi menyampaikan permintaannya pada untuk segera menyusun langkah antisipasi. Langkah ini bsa berupa Paket kebijakan ekonomi yang ditujukan untuk menstimulus perekonomian.

Dalam pandangan Budi, media berkontribusi dalam memperlemah Rupiah karena kerap kali menyiarkan kabar buruk yang menggiring sentimen negatif terhadap Rupiah. “Ini juga karena kabar buruk di berbagai media, (sehingga) pelaku menjadi was-was. Makanya saya mau bicara yang baik-baik sajalah. Kalau media kan suka yang buruk-buruk,” paparnya. Namun, ketika ditanya soal dampak pelemahan Rupiah terhadap kinerja Bank Mandiri, Budi enggan menjawab.”Saya tidak mau menyebutkan soal itu. Yang jelas, kami sudah melakukan stressed test kepada nasabah yang memiliki pinjaman dalam dolar AS,” tandas Budi.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top