Kaya Lemak Sehat, Ini Harga Minyak Canola di Pasaran

Minyak Goreng - al-ashab.comMinyak Goreng - al-ashab.com

Selain minyak zaitun, banyak yang kini mulai beralih ke minyak canola untuk memasak makanan. Pasalnya, minyak ini diklaim mengandung trans yang rendah dan memiliki kandungan tak jenuh atau yang tinggi. Di beberapa supermarket, sudah banyak produsen yang menawarkan minyak canola dengan mulai puluhan ribu .

Sebuah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minyak canola, salmon, atau kenari yang kaya akan lemak tak jenuh ganda (PUFA), dapat menurunkan ghrelin yang signifikan, hormon yang meningkatkan rasa lapar. Selanjutnya, diet kaya PUFA ini juga meningkatkan peptide YY secara signifikan, yaitu hormon yang membangkitkan rasa penuh atau kenyang.

“Hormon nafsu makan memainkan peran penting dalam mengatur berapa banyak yang kita konsumsi,” ujar Jamie A. Cooper, pemimpin penelitian dari University of Georgia, seperti dikutip dari Indiana Express. “Temuan ini memberitahu kami jika mengonsumsi makanan yang kaya akan PUFA, dapat mengubah hormon nafsu makan dengan baik sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama.”

Sementara itu, laman Boldsky melaporkan bahwa pernah ada penelitian yang menguji efek dari minyak sayur yang berbeda-beda, selama empat minggu. Hasil studi ini lantas menunjukkan bahwa minyak canola dapat menurunkan berat badan karena lemak hanya dalam waktu satu bulan saja. Menurut para peneliti, salah satu peserta yang memiliki berat lemak 11 kg, kian hari lemak dalam perutnya berangsur hilang dalam empat minggu.

Perlu diketahui, minyak canola mengandung lemak trans yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat yang tinggi. Minyak satu ini juga mengandung asam alfa-linolenik dan lemak Omega-3 yang telah dikaitkan dengan jantung yang sehat. FDA (US Food and Drug Administration) juga telah mengklaim bahwa minyak canola memang dapat mengurangi risiko jantung.

Saat ini, sudah banyak minyak canola yang dijual di berbagai supermarket maupun jual beli online. Minyak canola 100 ml sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp20.000. Sementara, minyak canola dari Golden Bridge dijual dengan harga mulai Rp44.000 untuk kemasan 1 liter, dan produk Mazola dipasarkan mulai Rp45 ribuan untuk kemasan 450 ml.

Loading...