Kapasitas Produksi Indonesia Diprediksi Meningkat, Harga CPO Lokal Anjlok

minyak sawit - www.alodokter.comminyak sawit - www.alodokter.com

sawit mentah (crude palm oil/CPO) pada perdagangan (14/8) lalu. Berdasarkan kontrak berjangka CPO untuk Oktober 2017, kontrak teraktif di , turun 0,19% atau 5 poin ke 2.677 ringgit per ton pukul 11.29 WIB. Sedangkan sebelumnya CPO dibuka dengan penurunan 0,60% atau 16 poin di level 2.666 ringgit, usai akhir pekan lalu ditutup menguat ke level 2.682 ringgit. Sementara itu, CPO lokal menurut referensi bulan lalu berada di kisaran Rp 7.155,87.

“Harga minyak sawit cenderung turun ketika kuatnya peningkatan pada terlihat lebih nyata,” ungkap CEO Olam, Sunny Verghese, seperti dilansir bisnis. Verghese mengungkapkan bahwa minyak sawit di Malaysia dan Indonesia mengalami kenaikan. Kapasitas Malaysia diperkirakan naik menjadi 19,7 juta ton pada tahun 2017, sementara itu produksi di Indonesia diprediksi mencapai 35,2 juta ton.

“Harga juga dapat mengecil akibat dampak penjatahan dari kenaikan bea di India, yang merupakan pasar penting,” sambungnya.

India belum lama ini menyatakan akan menaikkan bea impor minyak sawit mentah dari 7,5% menjadi 15%. Naiknya bea impor dianggap dapat berdampak pada minyak sawit mentah. India sengaja menaikkan bea impor CPO untuk membatasi impor minyak yang lebih murah, terutama dari Malaysia dan Indonesia, serta meningkatkan harga CPO domestik sebagai upaya mendukung petani dan penyuling.

Senasib, harga tandan buah segar (TBS) di Riau terpantau melemah usai menguat selama 2 pekan belakangan ini. Pekan ini harga TBS Riau dilaporkan turun Rp 9,36 per kg. Harga tersebut sekaligus mencatatkan penurunan tertinggi dan berlangsung untuk kelompok umur TBS 10-20 tahun.

Menurut Sekretaris tim pelaksana tim penetapan harga TBS Kelapa sawit, Dedi Yasmono, harga TBS kelapa sawit tertinggi minggu ini adalah Rp 1.771,42 per kg. Lebih lanjut Dedi menuturkan bahwa turunnya harga TBS disebabkan lantaran adanya penurunan harga jual CPO di sejumlah perusahaan. Turunnya harga TBS pekan ini juga dipengaruhi oleh prediksi kenaikan produksi di Indonesia maupun malaysia.

Loading...