Jaga Keseimbangan Mobil, Harga Engine Mounting Suzuki Karimun Wagon R Rp675 Ribuan

Harga Engine Mounting Suzuki Karimun Wagon R

JAKARTA – Pernahkah Anda merasakan ban Anda, terutama di sisi belakang, mengalami masalah goyang ketika dijalankan? Jika demikian, bisa jadi engine mounting Anda sudah rusak dan perlu diganti. Jika Anda kebetulan Karimun Wagon R, engine mounting kendaraan tersebut sekarang ditawarkan dengan Rp675 ribuan sampai Rp975 ribuan.

Engine mounting sendiri merupakan yang terbuat dari bahan karet, yang berfungsi sebagai dudukan ke sasis. Komponen ini bertugas meredam getaran ke bodi serta menjaga keseimbangan . Di dalam sebuah mobil, biasanya terdapat dua sampai empat buah engine mounting, sedangkan mobil dengan penggerak roda belakang memiliki dua buah engine mounting.

“Engine mounting merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyambung, bantalan, serta peredam getaran mesin pada kendaraan roda empat,” jelas Ali, teknisi bengkel ‘Superban’ di bilangan Jakarta. “Meski jarang melewati jalanan dengan kondisi rusak, engine mounting tetap akan rusak apabila mobil sudah berusia di atas lima tahun.”

Ali menambahkan bahwa jika ban belakang goyang, biasanya karena engine mounting yang sudah tidak lagi bekerja sempurna. Selain itu, kondisi bearing juga telah kendur dan biasanya akan terasa ketika kendaraan sedang melewati tikungan. “Yang jelas, apabila ban sudah goyang, lebih baik pemilik mobil segera mengecek kondisi engine mounting,” sambung Ali.

Senada, Toha, mekanik yang praktik di bengkel ‘Pit Stop’ di kawasan Jakarta Timur, juga menuturkan bahwa jika engine mounting bermasalah, maka mesin yang sedang bekerja akan bergetar atau goyang, terlebih ketika mobil sedang melakukan akselerasi. Jika engine mounting mengalami kerusakan, hal ini pun pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara.

“Ada beberapa ciri untuk mengenali engine mounting yang rusak. Biasanya akan terdengar bunyi ‘gluduk’ ketika mesin kendaraan dinyalakan, akibat guncangan mesin karena karet engine mounting telah rusak dan tidak berfungsi lagi,” kata Toha. “Untuk mencegah kerusakan lebih besar, disarankan untuk melakukan pengecekan berkala dan mengganti engine mounting setiap 50 ribu-60 ribu km.”

Loading...