Jadi Produk Unggulan, Berapa Biaya Akuisisi Unitlink Prudential?

Unit Link PrudentialUnit Link Prudential

Di dalam sebuah polis asuransi, ada lain yang harus dibayarkan selain asuransi itu sendiri. Beban tersebut akan dipotong secara otomatis dari saldo unit yang terbentuk dalam polis. Salah satu yang selalu ada dalam polis asuransi adalah akuisisi. akuisisi dari setiap asuransi (semisal Prudential, Allianz, Manulife, AIA, dan lainnya) tersebut berbeda-beda.

Dalam pengertiannya, biaya akuisisi adalah biaya perolehan atas polis yang akan dibebankan perusahaan asuransi ke nasabah ketika membeli polis asuransi jiwa untuk mendapatkan fasilitas polis. Biaya ini umumnya digunakan untuk biaya operasional perusahaan dan termasuk di dalamnya adalah untuk membayar komisi si agen. Biaya ini cukup besar dan lumayan lama namun tidak selamanya akan dibebankan kepada nasabah.

Kebanyakan perusahaan asuransi memberlakukan biaya akuisisi sebesar 100% untuk tahun pertama, 60% untuk tahun ke dua, dan seterusnya akan lebih kecil. Biaya akuisisi tersebut mayoritas akan berakhir pada tahun keenam.

Asuransi sendiri telah menjadi salah satu penting masyarakat . Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya, salah satunya adalah Prudential.

utama dari Prudential adalah Unitlink dan Prulink. Unitlink merupakan program tabungan karena mengandung unsur investasi dengan hanya menggunakan 1 rekening (polis) yang dapat memberikan 2 manfaat, yakni manfaat dan manfaat investasi.

“Unitlink saat ini menjadi produk unggulan hampir semua perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Melalui edukasi kepada masyarakat, saya optimistis, pasar asuransi unitlink akan terus berkembang,” ungkap Bumiputera Nurseta, Direktur Asuransi Jiwa Bersama (AJB), dilansir dari Kontan.

Khusus untuk biaya akuisisi dalam program Unitlink, akan dikenakan dari sisi proteksinya saja yakni berupa pembayaran premi berkala. Contoh ilustrasinya adalah, jika seorang nasabah menabung sebesar Rp1 juta per bulan dengan pembagian porsi manfaat proteksi sebesar Rp750 ribu per bulan dan investasi sebesar Rp250 ribu per bulan. Maka biaya akuisisi hanya dikenakan dari porsi proteksi yang sebesar Rp750 ribu. Sementara untuk investasinya hanya dipotong 5% selama polis aktif sebagai biaya administrasi dan pengelolaan investasi.

Biaya akuisisi dalam Unitlink berupa premi berkala tersebut dibebankan hanya 5 tahun dengan pembagian persentasenya per tahun adalah sebagai berikut:

  • Tahun ke 1: 100% nilai premi berkala akan dibebankan sebagai biaya akuisisi.
  • Tahun ke 2: 60% yang akan dibebankan sebagai akuisisi, sedangkan sisanya 40% masuk ke investasi.
  • Tahun ke 3-5: 15% yang akan dibebankan sebagai akuisisi, sedangkan sisanya 85% masuk ke investasi.
  • Tahun ke 6-dst,: 100% seluruh total premi yang dibayarkan akan masuk sepenuhnya untuk investasi.

Berdasarkan tersebutlah mengapa asuransi di Prudential, perkembangan investasi nasabah di tahun-tahun awal, terutama tahun ke 1 dan ke 2 sangat kecil. Pasalnya, premi belum maksimal dialokasikan ke investasi. Akan tetapi dengan melihat hasil rata-rata investasi Prudential yang bisa mencapai 25,56% sejak awal diluncurkan hingga tahun 2015, dapat dipastikan bahwa investasi tersebut dianggap sangat berkembang setelah tahun ke 5 sampai dengan tahun ke 10 atau bahkan sampai dengan usia pensiun. Di mana nilai investasinya dirasa akan lebih menguntungkan.

Loading...